Sekdako Pimpin Rapat Verifikasi Dan Tim Kemenkes Rebuplik Indonesia Untuk Kabupaten Kota Sehat

DUMAI – jurnalpolisi.id

Verifikasi Lanjutan Penghargaan Kabupaten Kota Sehat Tahun 2023 dilaksanakan secara virtual. Sekretaris Daerah Kota Dumai H. Indra Gunawan, S.IP, M.Si memimpin secara langsung rapat yang berlokasi di Kantor Badan Pendapatan Daerah Kota Dumai, Selasa (18/7/2023).

Tim Verifikasi Lanjutan ini terdiri dari Kemenkes RI, Kemendagri RI, Kemenhub RI, BPJS Kesehatan dan beberapa Kementerian/Lembaga lainnya.

Verifikasi ini dilaksanakan dengan memaparkan beberapa hal terkait dengan unsur penilaian yang akan dilaksanakan diantarnya gambaran umum Kota Dumai, indeks kesehatan masyarakat tertentu, rencana berjangka untuk program kesehatan dan berbagai hal lainnya.

KKS sendiri adalah suatu kondisi dimana suatu kabupaten/kota yang bersih, sehat, nyaman dan aman untuk ditinggali penduduk melalui terselenggaranya beberapa tatanan yang terintegrasi antara pemerintah dan masyarakat.

Tim verifikasi yang berasal dari Pemerintah Pusat menyampaikan bahwa Kota Dumai merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi dikarenakan beberapa prestasi Kota Dumai dalam berbagai bidang yang terangkum kedalam berbagai program yang dikemas dalam program Dumai Berkhidmat.

Verifikasi Lanjutan ini meliputi sembilan tatanan yakni Kehidupan Masyarakat Sehat Mandiri, Permukiman dan Rumah Ibadah, Pendidikan, Pasar Rakyat Sehat, Pariwisata, Transportasi dan Tertib Berlalu Lintas, Perindustrian dan Perkantoran, Perlindungan Sosial dan yang terakhir Pencegahan serta Penanganan Bencana yang berada dibawah beberapa OPD terkait.

Selain itu, H. Indra menyampaikan bahwa dengan terselenggaranya KKS ini. Diharapkan akan meningkatkan produktifitas dan perekonomian masyarakat Kota Dumai.

“KKS sendiri berisi beberapa indikator yang membuat masyarakat akan merasa nyaman dan tentram. Saat hal ini terjadi, maka produktifitas serta sektor perekonomian masyarakat diharapkan akan semakin meningkat dan berperan dalam pembangunan berkelanjutan” ujar H. Indra dalam penyampaiannya.

Tim Verifikasi Lanjutan KKS pun meminta agar Kota Dumai dapat melengkapi berkas yang akan diverifikasi dan nantinya akan ditelaah kembali oleh Tim Penilai.

Turut hadir dalam kegiatan ini Ka. Dinkes dr. Syaiful, MKM, beberapa perwakilan OPD terkait, unsur Kecamatan dan Kelurahan, Kabid Kesmas Dinkes Shintia Riza, SKM, M.Si, unsur dan jajaran Dinkes lainnya, serta hadirin tamu undangan pada kesempatan ini

Penulis : Fitri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *