Kelurahan Laksamana Masuk 5 Besar Lomba Desa Dan Kelurahan Tingkat Regional Sumatera

DUMAI – jurnalpolisi.id

Tim Klarifikasi Lapangan dari Kementerian Dalam Negeri RI sambangi Kelurahan Laksamana dalam rangka penilaian Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Regional Tahun 2023, Selasa (18/7/2023).

Kedatangan rombongan tim klarifikasi yang di koordinatori oleh Tiyar Cahya Kusuma, disambut hangat oleh Wali Kota Dumai, H Paisal dan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Dumai, Hj Leni Ramaini dan seluruh tim terpadu yang terdiri dari pihak Kelurahan Laksamana, Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos PM) Kota Dumai, PKK Kota Dumai, serta pihak terkait lainnya.

Seremoni penyambutan diawali dengan penyematan tanjak yang dilakukan Wali Kota Dumai kepada Koordinator Tim Penilai Klarifikasi pusat. Atraksi Silat Melayu yang diiringi tabuhan gendang pun dipertunjukkan sebagai bentuk penghormatan.

Sebagai informasi, Kelurahan Laksamana yang merupakan bagian dari Kecamatan Dumai Kota berhasil meraih juara pertama dalam Lomba Desa atau Kelurahan Tingkat Provinsi Riau Tahun 2023 dan masuk dalam nominasi penilaian Klarifikasi Lapangan Wilayah Regional I Sumatera Tahun 2023.

Dalam sambutannya, Wali Kota Dumai, H Paisal mengaku bangga atas prestasi yang ditoreh Kelurahan Laksamana dan berhasil masuk dalam nominasi lima besar dalam Lomba Kelurahan Regional I Sumatera tahun ini.

“Alhamdulillah, ini suatu keberkahan untuk Kota Dumai khususnya Kelurahan Laksamana. Prestasi ini tentunya tidak lepas dari peran serta dan semangat kebersamaan dari warga. Kelurahan Laksamana, Pemerintah Provinsi Riau, stakeholder dan mitra terkait lainnya yang mendukung program khidmat pemerintah,” ucapnya.

Orang nomor satu Dumai berharap, Kelurahan Laksamana bisa meraih predikat terbaik, sehingga menjadi motivasi bagi 35 kelurahan lain yang ada di Kota Dumai.

“Semoga pelaksanaan klarifikasi ini dapat berjalan lancar dari awal hingga akhir. Kami mohon kepada tim terpadu yang telah mempersiapkan segala sesuatunya untuk mendukung lomba ini dengan memberikan informasi yang sebenar-benarnya terkait apa yang ditanyakan oleh tim,” harap H Paisal.

Sementara itu, Koordinator Tim Klarifikasi Lapangan dari Kemendagri, Tiyar mengucapkan selamat dan apresiasi kepada Kelurahan Laksamana yang telah berhasil menoreh prestasi yang membanggakan.

“Artinya pada tahun ini, Kelurahan Laksamana menjadi yang terbaik dari 271 kelurahan se-Provinsi Riau,” ucap Tiyar dalam acara Pelaksanaan Klarifikasi Lapangan Lomba Desa dan Kelurahan bertempat di aula lantai 2, Kantor Lurah Laksamana.

Selain itu, Tiyar menerangkan bahwa Kelurahan Laksamana telah masuk dalam nominasi 5 terbaik untuk Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Regional Sumatera (Regional I) Tahun 2023, bersama empat kalurahan lainnya, yaitu Kelurahan Balai Jaring, Kelurahan Sungailiat, Kelurahan Ogan Baru, dan Kelurahan Yosorejo.

“Kami sangat apresiasi, hasil dari kerja keras pemerintah kelurahan, kecamatan, kota, provinsi, dan masyarakat serta pihak lainnya, Laksamana berhasil menjadi salah satu yang terbaik diantara 2.372 kelurahan yang ada di regional I,” tuturnya.

Ia juga menjelaskan bahwa Lomba Desa dan Kelurahan merupakan salah satu bentuk evaluasi dan penilaian perkembangan desa dan kelurahan sebagaimana diatur dalam Permendagri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan, melalui penyelenggaraan Lomba Desa dan Kelurahan.

Penyelenggaraan lomba tahun ini dilaksanakan dengan penekanan antara lain pada inovasi yang dilakukan pemerintah desa dan kelurahan pada tata kelola penyelenggaraan pemerintahan, pemanfaatan potensi dan sumber daya yang dimiliki, pelayanan publik, dukungan dalam pemulihan ekonomi dan penanganan dinamika sosial menyambut perhelatan Pemilu serentak 2024, dan lain sebagainya.

Penilaian lomba dilaksanakan melalui berbagai tahapan, pertama penilaian administrasi, pemaparan calon juara lomba, klarifikasi lapangan serta tahapan penetapan juara.

“Klarifikasi lapangan yang kami lakukan saat ini di Kelurahan Laksamana sebagai salah satu
tahapan penilaian untuk menilai kesesuaian data dan informasi berdasarkan dokumen hasil penilaian administrasi, dengan kondisi riil yang ada di lapangan,” imbuhnya.

Dengan keunggulan dan inovasi yang telah terinformasikan, lebih lanjut disampaikannya bahwa tim klarifikasi akan menggali lebih banyak terkait kondisi eksisting kelurahan baik dibidang pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan.

“Informasi yang telah dikumpulkan oleh tim klarifikasi selanjutnya akan diolah dan dipleno dengan tim penilai Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Regional pada minggu pertama bulan Agustus dengan tim penilai yang terdiri dari pakar/akademisi, Kemendagri, KemenPAN RB, Kemenko PMK, KemenParekraf dan Tim Penggerak PKK pusat, serta pihak lainnya,” pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan pemutaran video selayang pandang Kelurahan Laksamana, ekspos profil Desa dan Kelurahan (Prodeskel) yang merupakan gambaran menyeluruh tentang karakteristik desa dan kelurahan yang meliputi data dasar keluarga, kemudian potensi sumber daya alam, sumber daya manusia, kelembagaan, sarana dan prasarana serta perkembangan, kemajuan dan permasalahan yang dihadapi desa/kelurahan disampaikan oleh Lurah Laksamana, Sutino.

Tim Klarifikasi juga melakukan pengecekan kelengkapan administrasi di Kantor Lurah Laksamana dan dilanjutkan dengan melakukan pengecekan langsung ke lapangan atas inovasi yang dilakukan Kelurahan Laksamana. Adapun lokasi yang dikunjungi diantaranya Posyandu Cendrawasih, Poskamling RT 3, dan berlanjut ke Kampung Keberkahan Bersama atau Kampung Tangguh Gemar Bertasbih (Gerakan Masyarakat Anti Narkoba, Beriman, Kreatif, Asri, Bersih, Inovatif dan Harmonis).

Turut hadir dalam pelaksanaan klarifikasi lapangan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Riau atau yang mewakili, Asisten I (Pemerintahan dan Kesra) Sekretariat Daerah Kota Dumai, H Yusrizal, Kepala OPD terkait dilingkungan Pemko Dumai, Camat Dumai Kota Indra Sapawi, Forkopimcam dilingkungan Kecamatan Dumai Kota, Lurah se Kecamatan Dumai Kota, Pengurus TP PKK Kota Dumai, tokoh masyarakat, tokoh agama, serta hadirin undangan lainnya.

Penulis : Fitri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *