Pemerintah Kelurahan Terkul dan Kelurahan Batu Panjang menggelar pelatihan Lembaga Kemasyarakatan RT dan RW

Bengkalis – jurnalpolisi.id

Dalam rangka peningkatan kualitas para Ketua RT dan RW untuk melaksanakan tugas pokok, pemerintah Kelurahan Terkul dan Kelurahan Batu Panjang menggelar pelatihan peningkatan kapasitas Lembaga Kemasyarakatan RT dan RW. Kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas RT/RW ini bertujuan agar Ketua RT dan RW tahu tugas dan fungsinya.

Pengurus RT dan RW mempunyai tugas, fungsi dan kewenangan yang berat dalam turut serta menjalankan roda pemerintahan di tingkat Kelurahan. Saat ini, Kelurahan dituntut mampu mengelola anggaran pemerintah yang nilainya cukup besar, Sehingga Lurah harus lebih meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dengan berbagai kegiatan pelatihan ataupun bimbingan teknis (Bimtek).

Dalam sambutan Camat Rupat Hariadi, S.Sos., M.Si menyampaikan ini merupakan tahun ke II telah dilaksanakan pelatihan ini, yang merupakan salah satu Program unggulan Bupati Bengkalis melalui program Bermasa (Bermarwah Maju dan Sejahtera) yang telah dikucurkan disetiap Kelurahan/Desa dan Kecamatan yang dianggarkan dalam bentuk kegiatan pemberdayaan selain kegiatan Pembangunan fisik.

“Dalam hal ini tugas Rt/ Rw itu sangatlah berat, karena sebagai garda terdepan yang paling dekat serta bersentuhan langsung dengan masyarakat, ” ucap Camat Rupat

Kemudian beliau juga menjelaskan, tugas dan fungsi RT/RW adalah untuk membantu Pemerintah Desa dan kelurahan dalam urusan pemerintahan serta pelayanan terhadap masyarakat, pendataan penduduk, pemeliharaan keamanan, mengembangkan inisiatif, dan penggerak swadaya gotong royong untuk partisipasi masyarakat di wilayah kerjanya masing-masing.

“Untuk itu kami berharap kepada Ketua Rt dan Rw agar dapat serius dalam mengikuti pelatihan ini yang akan disampaikan oleh narasumber Ibu Hilda, S.Sos., M.Si, semoga dengan adanya pelatihan ini dapat bermanfaat untuk peserta yang hadir pada hari ini,” tutur Camat Rupat

Acara dilaksanakan di Aula Kantor Lurah Terkul dan Aula Kantor Lurah Batu Panjang di hadiri Camat Rupat, Lurah Terkul, Lurah Batu Panjang,Dosen Stai Lancang Kuning Dumai, Ketua LPMK berserta anggota, Babinsa Kelurahan Batu Panjang, RT/RW Kelurahan Terkul dan Kelurahan Batu Panjang , Mahasiswa KKN UIN Suska Riau, Mahasiswa KKN UNRI, serta para tamu undangan, Jum’at 14 Juli 2023.(Asmadi jpn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *