H. Suryanto Siap Maju Bacalon Bupati Rohil 2024, Ingin Membangun Kampung Halaman

ROHIL, jurnalpolisi.id

Konstelasi politik menjelang Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Rokan Hilir (Pilkada Rohil) 2024 mendatang mulai menghangat. hal tersebut ditandai, dengan munculnya nama nama tokoh asli putra Rohil, yang diprediksi bakal meramaikan kontestasi Pilkada Rohil.

Salah satunya sosok bakal maju sebagai Bakal Calon (Bacalon) Bupati pada Pilkada Rohil 2024 nanti saat ini telah mencuat nama H. Suryanto.

H. Suryanto yang kini digadang-gadang sebagai Bacalon Bupati Rohil pada Pilkada 2024 tersebut merupakan anak sulung dari almarhum Cik Ipah cucu dari almarhum Kasbi ini adalah putra asli kelahiran Bagansiapiapi.

Setelah lulusan SMA pada Tahun 1985 Suryanto langsung merantau ke Ibu kota Jakarta. di Jakarta Ia melanjutkan sekolah ke Pendidikan tinggi hingga berhasil menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan menyandang gelar Sarjana Pelayaran dan Pasca Sarjana Sumber Daya Manusia.

Jabatan terakhirnya sebagai Kepala Syahbandar Penjagaan dan Patroli Pelabuhan Merak Banten Kementerian Perhubungan.

Tinggal di Jakarta, H.Suryanto dipercayai untuk memimpin Ikatan Masyarakat Rokan Hilir (IKM Rohil).

Semenjak dipercaya sebagai Ketua IKM. Rohil, H.Suryanto mengajak dan merangkul masyarakat rokan hilir yang ada di Jakarta untuk duduk bersama dalam kepengurusan. berbagai suku masyarakat Rohil di Jakarta di rangkulnya untuk bergabung dalam IKM Rohil.

Didorong dan didukung oleh banyak tokoh masyarakat Rohil di jakarta agar dirinya segera pulang kampung untuk membangun daerah maju mencalonkan diri sebagai Bacalon Bupati Rokan Hilir.

Walupun hampir selama 38 tahun tinggal di Ibukota Jakarta, namun H. Suryanto setiap tahunnya diketahui selalu pulang ke kampung halaman meninjau tanah kelahirannya di Rohil dan hingga saat ini bahasa daerahnya masih sangat kental melekat pada dirinya tidak berubah sama sekali.

Pulang kampung H.Suryanto secara diam-diam telah menelusuri jalan Sinaboi Dumai, Desa Darusssalam Sinaboi. Jalan lintas kubu panipahan. Melihat kondisi ini membuat dirinya makin kuat untuk maju pada pilkada 2024.

Rencana pencalonannya bahkan sudah tersosialisasi dikalangan tokoh masyarakat Riau, bahkan nasional. Memang belum tampak alat peraga seperti baliho dan spanduk terpasang di kabupaten maupun kecamatan namun isu pencalonannya di ketahui dari mulut ke mulut.

H. Suryanto lebih akrab di panggil Anto Toser ini juga diketahui sudah melakukan serangkaian safari politik dengan mengunjungi para tokoh masyarakat dan partai politik (Parpol).

Berbagai aktivitas dilakukannya untuk menyosialisasikan diri, termasuk dengan mengunjungi sajumlah daerah yang ada di Rohil dan menghadiri berbagai kegiatan masyarakat di Bagansiapiapi.

Rencana pencalonannya maju sebagai orang nomor satu di Rohil juga disampaikan Suryanto pada agenda pertemuan dengan sejumlah awak media di salah satu caffe di Bagansiapiapi, Jumat (07/07/2023) lalu.

“Saya berencana maju sebagai calon Bupati Rohil pada pilkada 2024 mendatang. besar harapan masyarakat Rohil di jakarta agar saya pulang ke kampung halaman membangun negeri. Mohon doa dan dukungan dari sanak saudara dan seluruh masyarakat Rokan Hilir,” kata Suryanto.

Untuk mewujudkan niatnya itu Anto menegaskan kembali untuk tetap siap maju sebagai Bacalon Pilkada Rohil 2024.

“Saya siap maju pada pilkada 2024 nanti. Alhamdulillah dengan adanya dukungan dari para tokoh masyarakat Rohil di jakarta dan tokoh -tokoh masyarakat kita di daerah membuat saya mempunyai tekat untuk maju pada pimilihan Bupati 2024 nanti” tegasnya.

Ditanya bagaimana untuk memajukan daerah, upaya dan langkah seperti apa dilakukan?, Anto menjawab dan di nilai masuk akal.

“Untuk memajukan daerah memerlukan strategi pembangunan tersendiri agar masyarakatnya sejahtera secara berkelanjutan, perlu strategi percepatan pembangunan Rokan Hilir yang maju, sejahtera, dan mandiri,” kata Anto.

Diakuinya, memang tidak mudah untuk membangun daerah tentunya butuh anggaran yang besar dan di dukung dengan program dan perencanaan yang matang.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi dalam suatu daerah sangat berpengaruh terhadap perkembangan pembangunan. Pertumbuhan ekonomi bisa melalui pengelolaan sumber daya alam seperti pembangunan objek Wisata, pemanfaatan potensi Perikanan, Pertanian, Perkebunan dan lain sebagainya yang dimiliki daerah.

“Pentingnya revitalisasi obyek-obyek (destinasi) wisata bahari yang ada, sehingga lebih menarik bagi wisatawan, baik wisatawan dalam daerah maupun luar daerah. Contoh, jadikan wisata pulau jemur sebagai ikon pariwisata bahari Rokan Hilir,” kata Ketua IKM Rohil itu.

Hal lain yang tidak kalah pentingnya, program pembangunan sarana infrastruktur seperti pembangunan jalan lintas Sinaboi dan Kota Dumai, Jalan Lintas Kubu menuju ke Pasir Limau Kapas. Kedua jalan lintas ini merupakan program strategis dalam upaya peningkatan perekonomian daerah. Selain itu peningkatan kualitas SDM dalam upaya mempromosikan dan pemasaran serta manajemen sektor pariwisata.

“Pembagunan transportasi udara dan didukung dengan isfrastruktur yang bagus dapat meningkatkan minat para wisatawan untuk datang berkunjung sehingga perekonomian semakin meningkat, ” ujar Anto.

Dijelaskan, membangun daerah jangan menghandalkan dana APBD, Berbagai program bisa diajukan melalui APBN.

“Untuk membangun daerah, kita punya link di pusat sana. ” Tandas Anto.

Kabiro. Panca Sitepu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *