Kolaborasi Dispora Kota Bandung Dengan KNPI Gelar Bandung Districk Youth Festival Ke 13

BANDUNG, jurnalpolisi.id

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung bekerjasama dengan Dewan Pengurus Daerah (DPD) KNPI Kota Bandung dan Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) KNPI Andir beserta Unsur Kepemudaan Kecamatan Andir gelar Event Bandung Districk Youth Festival Ke 13, pada Minggu (9/7/2023).

Acara yang bertema, “Kedigdayaan Hidup Bertoleransi Antar Umat Beragama dalam Kebudayaan yang Majemuk untuk Keharmonisan NKRI” turut dihadiri oleh perwakilan Dispora Kota Bandung yakni Kepala Bidang Pengembangan Infrastruktur Kepemudaan Drs. Asmara Hadi, MO., M.A.P. beserta jajaran, Camat Andir Budi Rahmat Taufik, Lurah Ciroyom Moch. Agus Firmansyah, S.IP., MM., perwakilan Ketua DPD KNPI Kota Bandung Irfan, Ketua DPK KNPI Andir Soni Supriatna, Forum RW dan perwakilan para pengurus OKP, serta unsur-unsur instansi kelembagaan yang berada di wilayah Kecamatan Andir, Kota Bandung.

Berdasarkan pantauan jurnalpolisi.id, Event Bandung Districk Youth Festival Ke 13 ini diisi dengan berbagai kegiatan seperti gelaran Pentas Kesenian dan Budaya, diantaranya Rampak Kendang Silat, Barongsay, Senam gembira, Bazzar UMKM, Sosialisasi Cek Kesehatan gratis, Talkshow pemuda, Music Performance serta kehadiran Artis Sinetron Preman Pensiun.

Selain itu, acara tersebut juga dihadiri ratusan warga masyarakat Kecamatan Andir yang terlihat antusias.

Dalam sambutannya, Kepala Bidang Pengembangan Infrastruktur Kepemudaan Drs. Asmara Hadi, MO., M.A.P., menyampaikan, dalam kegiatan Bandung Districk Youth Festival yang Ke 13 ini berharap, selama tahun anggaran 2023, Dispora Kota Bandung dan KNPI bisa melaksanakan Bandung Districk Youth Festival ini terlaksana di 30 Kecamatan di Kota Bandung.

“Jadi, kami di kepemudaan tahun ini memang ada program unggulan dalam janji walikota, yaitu meningkatkan pemberdayaan dibidang kepemudaan. Kemudian kita juga menyiapkan, dan melengkapi sarana prasarana yang dibutuhkan untuk pembinaan kepemudaan, sebagaimana amanah dari UU No. 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan,” katanya.

Kemudian, sambung Asmara Hadi menuturkan, PP No. 41 Tahun 2011 tentang Pengembangan Kewirausahaan Dan Kepeloporan Pemuda Serta Penyediaan Prasarana Dan Sarana Kepemudaan.

“Ada yang namanya tri program yang dilaksanakan oleh Dispora seluruh Indonesia, khususnya dibidang kepemudaan, pertama pembinaan dan penyadaran. Jadi kita melaksanakan pembinaan dan penyadarannya dibidang mental spiritualnya, semangat juangnya, kemudian nasionalismenya juga,” ucapnya.

Disamping itu, lebih lanjut Asmara Hadi menerangkan, saat ini kita pun juga sedang melaksanakan yang namanya kegiatan pengembangan dan pemberdayaan.

“Nah, apa yang kita lakukan hari ini adalah program pengembangan dan pemberdayaan daripada pemuda. Apa yang kita lakukan di kegiatan pengembangan dan pemberdayaan ini,” ucapnya.

Masih dengan Asmara Hadi menyampaikan, kita mengembangkan potensi-potensi sehat yang sudah dimiliki oleh para pemuda, utamanya dibidang ekonomi, sosial, budaya, kemasyarakatan dan kegiatan-kegiatan lainnya, juga kegiatan keagamaannya.

“Dari adanya potensi-potensi tersebut, selanjutnya itu diakumulasi dalam Bandung Districk Youth Festival yang dilaksanakan hari ini, yang dilakukan atas kerjasama dari Dispora Kota Bandung, DPD KNPI Kota Bandung, khususnya DPK KNPI Kecamatan Andir kemudian dibantu oleh rekan-rekan di kewilayahan. Untuk kegiatan selanjutnya, mudah-mudahan kedepan ada baiknya kawan-kawan DPK KNPI Kecamatan Andir itu menghadirkan semua potensi kepemudaan yang ada disini,” harapnya.

Diakhir sambutannya, Asmara Hadi mengatakan, sekali lagi maksud dan tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini, disamping untuk meningkatkan pengembangan, pemberdayaan potensi pemuda yang ada di Kecamatan Andir dan dikecamatan lainnya yang ada di Kota Bandung juga diharapkan untuk menciptakan kebahagiaan bagi seluruh masyarakat Kota Bandung, khususnya di Kecamatan Andir.

“Atasnama Kadispora Kota Bandung, dengan ucapan Bismillahirrohmaanirrohiim, kegiatan Bandung Districk Youth Festival Ke 13 Tahun 2023, saya nyatakan resmi dibuka,” tutupnya.**(DRIVANA).

SISKA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *