Kampus MAN 2 Bukittinggi Ditunjuk Menjadi Titik Lokasi kegiatan Rutin Tahunan Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2023

Bukittinggi – jurnalpllisi.id

Kampus MAN 2 Bukittinggi Sumatera Barat, ditunjuk menjadi titik lokasi kegiatan rutin tahunan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2023 tingkat Kota Bukittinggi.

Sebagai penanda Kompetisi Sain Madrasah ini telah dimulai, bertempat di Aula MAN 2 Bukittinggi, Jumat (7/7/2023) dibuka secara resmi oleh Kakan Kemenag, H. Eri Iswandi.

Keegiatan ini turut di hadiri Plt. Kasi Penmad juga selaku ketua pelaksana Hj. Triandini Djusair, seluruh Kepala Madrasah tingkat MI/ Mts/MA negeri/ swasta, kepala Tata Usaha, guru pembina dan siswa peserta KSM 2023.

Hj. Triandini Djusair menyampaikan bahwa seleksi KSM 2023 tingkat kota Bukittinggi untuk pertama kalinya ada Sekolah Dasar yang mengikuti kompetisi tersebut.

“Tercatat SD IT Al Ishlah kota Bukittinggi mengikuti KSM 2023 selain MIN Gulai Bancah dan MIS Ikhwan dengan total peserta pada tingkat tersebut 13 peserta.

Sedangkan untuk tingkat MTs negeri/ swasta sebanyak 30 peserta dan MA 38 peserta,” jelasnya.

Kakan Kemenag Kota Bukittinggi H. Eri Iswandi menyampaikan bahwa KSM merupakan wahana kompetisi yang mengkolaborasikan antara sains dengan konteks nilai-nilai keislaman.

Generasi muda Islam harus mengambil peran dalam kemajuan perkembangan ilmu pengetahuan serta mampu menerapkan hal- hal positif dari kemajuan tersebut.

‘’Kita harus cerdas dalam menguasai Iptek serta ikut berperan membangun peradaban. Agar siswa kita mampu bersaing sampai ke tingkat nasional perlu persiapan yang matang dan motivasi dari berbagai pihak.

Seperti rajin melakukan tryout, kelas belajar yang nyaman, semangat dari siswa dan pelatih yang berkompetensi,’’ ungkapnya.

Disisi lain Kepala MAN 2 Bukittinggi Amri J menyambut gembira atas ditunjuknya MAN 2 Bukittinggi sebagai titik lokasi pelaksanaan KSM 2023 tingkat kota Bukittinggi.

‘’Kita menyambut baik dengan ditunjukknya MAN 2 Bukittinggi sebagai tempat pelaksanaan kegiatan KSM tahun 2023. Berbagai persiapan kita lakukan demi menyukseskan ajang tahunan ini antara lain memastikan ketersedian labor komputer yang representatif untuk semua peserta juga sarana pendukung lainnya.

Selain itu kita juga siapkan operator dalam membantu jalannya seleksi ini sehingga tidak ada kendala mulai dari simulasi 5 Juli lalu sampai pelaksanaan Sabtu (8/7/23) sampai 10 Juli 2023,” tuturnya.

Selanjutnya kata Amri.J “Dari MAN 2 Bukittinggi terdapat 12 siswa yang ikut serta dalam KSM 2023 ini. Kita berharap bisa melebihi prestasi tahun lalu.

dimana kita dapat meraih juara 2 KSM tingkat Provinsi Sumbar pada cabang Ekonomi semoga tahun ini kita bisa sampai ke nasional,’’ harap Amri J. (Syafrianto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *