Seafarer Day’ KUPP Tual Himbau Warga Tidak Buang Sampah ke Laut

Kota Tual – jurnalpolisi.id

Peringati hari pelaut sedunia, (Seafarer Day) Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Tual, Muhamad Jufri Rachmat, bahwa laut dan pantai harus senantiasa dijaga. Hari bersejarah yang pertama kali diperingat pada tahun 2011 itu, secara resmi diadopasi pada Amandemen Manila

“Jadi hari ini, kita secara serentak melakukan bersih – bersih laut maupun pantai,”sebut KUPP Tual, disela – sela melakukan pembersihan disekitar area pelabuhan tual, bahkan sampai pada, wilayah kawasan pelabuhan watdek, Senin (26/06/2023)

Sebelumnya, kata Dia’ bahwa peringatan hari pelaut sedunia sudah dari kemaren, tepatnya ditanggal “25 Juni 2023, yang ditandai dengan membunyikan suling kapal selama tiga menit lamanya.

Namun dihari ini Direktorat Jendral Perhubungan Laut (DJPL) secara umum melaksanakan giat pebersihan laut maupun kawasan yang bersinggungan langsung dengan daerah tepian pantai

“Yah intinya disini kita mengingatkan diri kita, rekan – rekan yang ada dikantor bahwa buanglah sampah pada tempatnya, jangan dibuang di laut. Karna kalau dilaut, apalagi sampah plastik tidak akan hancur dengan sendirinya.

Saat ini disebutkan Rachmat, bahwa laut indonesia, merupakan salah satu penghasil sampah terbesar di dunia. Maka dari itu selaku orang nonor satu pada kantor Syahbandar Tual, dirinya menghimbau kepada seluruh jajaran UPP Tual, agar mengajak keluarga mereka, untuk bersama – sama menjaga kebersihan dilaut.
Diyakininya, bahwa jika laut dan pantai bersih, pasti ada dampak positif yang dirasakan.

“Mari ajak keluarga, baik istri dan anak untuk memulai dari sekarang, agar tidak membuang sampah diselokan, karena sudah pasti larinya ke laut juga,”ucapnya

Selain itu, perlu juga menjadi perhatian, katanya, bahwa tidak ada pelarangan mereka para ABK kapal untuk membuang sampah, tapi buanglah pada tempat sampah yang sudah disediakan

Terpantau kegiatan pembersihan yang dilakukan, melibatkan para ABK dari kapal patroli KNP 334 milik Syahbandar Tual, serta KNP 364, milik pangkalan PLP Danar, juga sejumlah anggota TKBM pelabuhan yosudarso tual, sebanyak sepulih orang.

Adapun penyisiran dilakukan mulai dari sepanjang area pelabuhan, hingga di jembatan usdek dan pelabuhan watdek maluku tenggara.

Publish by (Melky_JPN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *