Festival Bakar Tongkang Kembali Digelar di Bagansiapiapi, Catat Ini Tanggalnya

ROKAN HILIR – jurnalpolisi.id

Setelah tiga tahun lamanya tak digelar akibat pandemi Covid-19, festival Bakar Tongkang kembali diselenggarakan tahun ini di Bagansiapiapi, Rokan Hilir. Dijadwalkan puncak pelaksanaan event wisata nasional tahunan ini akan berlangsung pada 4 Juli mendatang.

Saat diwawancarai awak media kepada Kepala Dinas Pariwisata Budiman ST mengenai sejauh mana persiapan pemkab dalam menyambut acara even nasional Festival Bakar Tongkang tahun ini segala sesuatunya sudah disiapkan.

“Iya tentunya kita selaku tuan rumah dalam melaksanakan kegiatan acara even nasional Bakar tongkang tentunya segala sesuatunya sudah kita persiapkan secara intensif. Mulai dari perencanaan detail acara, koordinasi dengan pihak terkait, hingga pengaturan logistik dan keamanan,” ungkapnya, Rabu (21/6/2023).

“Dan di mana nantinya masyarakat yang ikut menikmati even nasional bakar tongkang ini nantinya, semua dapat menikmatinya dengan aman dan nyaman setelah menantikan selama tiga tahun yang panjang,” terangnya

Mulai dari Persiapan pemilihan lokasi bazar yang tepat, pusat hiburan dan keramaian, hingga pengaturan jadwal acara yang menarik.

Dari Dinas Pariwisata sendiri selaku panitia di acara panggung juga sudah berkoordinasi dengan pihak terkait seperti dari pihak provinsi untuk perempatan titik lokasi panggung , termasuk juga kepada pihak keamanan seperti kepolisian, TNI, GenPari dan komunitas lokal untuk memastikan semua aspek terpenuhi dengan baik.

“Kita gelar event Bakar Tongkang yang memukau dan memberikan pengalaman tak terlupakan bagi semua pengunjung yang datang baik dari dalam maupun dari luar negeri. Kalau bisa, tambahkan dengan kontes dan lomba yang mengedepankan kearifan lokal misalnya tanding main gasing,” ujarnya.

Ia menyebut event ritual Bakar Tongkang merupakan agenda pariwisata nasional. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno rencananya akan hadir dalam acara tersebut. Ia juga mengingatkan kehadiran tamu dari Kementerian harus menjadi prioritas agar tidak terjadi kekurangan kamar saat mereka tiba.

Mengingatkan kepada panitia untuk mendirikan posko pusat informasi. Hal ini penting karena seluruh elemen masyarakat dari dalam maupun luar negeri akan terbantu dengan adanya posko tersebut dalam mencari informasi terkait event Bakar Tongkang.

Posko Pusat Informasi akan memberikan layanan yang komprehensif dan memastikan bahwa semua tamu memiliki akses mudah untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan sepanjang acara berlangsung.

Sementara itu, perwakilan dari multi marga Suku Tionghoa, Budi memaparkan, replika kapal tongkang pengerjaannya sudah hampir 50 persen. Termasuk tenda akan didirikan pada sebelum hari H yang jatuh pada tanggal 4 Juli.

Kabiro Panca Sitepu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *