Indra Gunawan Berhasil Wujudkan Visi Misi Pemkab Rohil Melalui (ICT)

ROKAN HILIR – jurnalpolisi.id

Baru-baru ini Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Kadiskominfiks) Kabupaten Rokan Hilir Indra Gunawan SE.MH, mendapat pujian dan diakui oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) setelah lolos mengikuti uji kompetensi Information and Communication Technology (ICT) Project Manager.

Menyikapi hal tersebut spontan beliau mengisyaratkan “Publikasi teknologi Number One tidak terlepas demi mengwujudkan visi dan misi Pemkab Rohil“.

Kendati demikian disampaikan Kadiskominfotiks Indra Gunawan SE.MH dihadapan para awak media bertepatan di gedung lantai 7 Diskominfo, Senin (12/6/2023) sekira pukul 14.30 WIB.

“Alhamdulillah saya telah lolos mengikuti uji kompetensi ICT Project Manager dan terimakasih untuk BNSP, ” sebut Indra.

Sambung Indra, kelayakan Uji Kompetensi kali ini terlaksanakan pada tanggal 7 hingga 10 Juni 2023 di Hotel Beverly, Batam Kepulauan Riau yang diselenggarakan langsung oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Digital TIK bersama BNSP.

“Luar biasa, ada sebanyak 31 skema sertifikasi TIK yang diuji dan diikuti berbagai OPD se-Kabupaten Rohil,” ungkap Indra.

Kendati demikian, perbekalan kompetensi yang telah memiliki legalitas dari BNSP dapat mempercepat pertumbuhan dizaman reformasi menuju Transformasi Digital di setiap tingkat kabupaten terkhusus untuk Rokan Hilir menjadi tata kelola Kepemerintahan yang (Good governance) sesuai dengan arahan Visi dan Misi Bupati Rohil.

Mekanisme perkembangan ICT adalah teknologi yang berbasis komunikasi, menciptakan, mengelola dan mendistribusikan informasi. Dimana peran utama dari sistem ICT yaitu meliputi dua aspek diantaranya;

Teknologi informasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan alat bantu, manipulasi, dan Pengelolaan informasi Teknologi komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat satu ke perangkat lain.

“Hakikatnya ICT memiliki dasar tersendiri dalam mengakses sistem untuk memudahkan pekerjaan manusia melalui implementasi teknologi dan sistem informasi,” paparnya.

Tingkat kapasitas pembelajaran ICT tergolong mudah untuk dipahami dan dapat mempercepat proses belajar mengajar sangat efektif,efisiensi dan meningkatkan kualitas serta produktifitas SDM.

“Oleh karena itu, sistem teknologi berbasis ICT dikenal sebagai multifungsi yang menerapkan berbagai bidang antara lain manajemen data, desktop publishing, manajemen Media sosial, penelitian dan lainnya,dan manfaatnya sangat banyak,” tutup Indra.

Kabiro Panca Sitepu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *