Ditelan Jaman Letkol Inf. Kadek Muliarsa Bangkitkan Budaya Maren

Malra – jurnalpolisi.id

Letkol Inf. Kadek Muliarsa disebut – sebut bangkitkan kembali budaya gotong royong (Maren). Yang mana budaya tersebut, seolah hilang ditelan jaman.

Budaya maren sendiri, merupakan budaya asli dari masyarakat kei, yang telah ada sejak jaman dahulu. Itu dibuktikan, dengan cara gotong royong, dan dikenal merupakan kerja secara bersama – sama.

Adapun kerja secara bersama – sama itu, boleh dibilang hadir pada program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 116, yang kemudian dihidupkan kembali tepatnya di Kecamatan Kei Besar, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) Provinsi Maluku

Selain itu keberlangsungan dari TMMD, juga bertepatan pada wilayah Kodim 1503/Tual. Dan ini memberikan gambaran, sekaligus adanya keterlibatan dari masyarakat dalam proses pembangunan.

Sedangkan untuk Letkol Inf. Kadek Muliarsa sendiri, merupakan Komandan Satuan Tugas (Dansatgas), atau lasimya disebut perwira pengawas. Juga, sebagai Dandim 1503/Tual.

Sedianya, Muliarsa yang merupakan anak asli pulau dewata (Pulau Bali), sudah bertugas di kepulauan berjuluk Larvul Ngabal, sejak Januari lalu.

“Ini adalah contoh budaya yang positif untuk generasi milenial,”ungkap Muliarsa di Elat, Kamis (18/05/2023)

Dikatakan, bahwa bersama rakyat, “TNI kuat, bersama TNI, rakyat sejahtera. Perwira berpangkat menengah (Pamen) Letkol Inf Kadek Muliarsa, adalah sosok yang selama ini dinantikan oleh masyarakat

Gambaran bahwa keikutsertaan dari masyarakat membantu TNI, kata mantan Dandodiklatpur Kodam XVI/Pattimura itu, merupakan wujud kemanunggalan TNI bersama rakyat.

“Tak kenal libur, ini adalah karakter TNI, serta menjadi hal yang menarik. Proses percepatan, dan pemerataan pembangunan, itulah yang patut dicontohi,”sebut Dandim 1503/Tual, Letkol Inf. Kadek Muliarsa

Sebelumnya, Muliarsa yang punya banyak pengalaman di bidang militer itu, menggantikan posisi Letkol Inf. Arfa Yudha Prasetya, yang hanya berdinas beberapa bulan saja, sebagai Dandim 1503/Tual.

Dan sebagai informasi, TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) tidak hanya menyasar kegiatan fisik saja. Akan tetapi, ada pula pesan Kamtibmas yang turut disampaikan.

Publish by (Melky_JPN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *