Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Agam, Buka Lokakarya Program Guru Penggerak Angkatan 8.

Agam,Sumbar – jurnalpolisi.id

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab Agam Sumatera Barat, Drs. H. Isra, M. Pd, terus memacu Inplementasi Kebijakan Merdeka Belajar bagi sekolah di Kabupaten Agam.

Hal itu dibuktikan oleh Kadis Dikbud Kabupaten Agam Buka Lokakarya Program Guru Penggerak Angkatan 8 dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Agam terus memacu Inplementasi Kebijakan Merdeka Belajar bagi sekolah di Kab Agam.

Hal itu dibuktikan pada Hari Sabtu, 13 Mei 2023, Kadis Dikbud Agam Drs. H. Isra, M. Pd membuka Lokakarya Program Guru Penggerak Angkatan 8 vertempst di SMPN 3 Lubuk Basung.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi Sumatera Barat, Sri Yulianti, M. Pd, Kacangin Pendidikan Prop Sumbar Wilayah I, Sekretaris Disdikbud Agam dan Kabid terkait.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab Agam Sumatera Barat, Drs. H.mengatakan bahwa Pemerintahan Kab Agam sangat berkomitmen mendukung Program Guru Penggerak.

Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya Guru Penggerak di Kabupaten Agam dan sampai saat ini dalam 3 Angkatan sudah tetcatat 175 orang Guru Penggerak.

Khusus Angkatan 8, Program tersebut diikuti oleh 35 org Calon Guru Penggerak mulai dari SD, SMP, SMA dan SMK.

Selanjutnya Kadis menyampaikan bahwa Guru Penggerak adalah pemimpin dalam proses belajar-mengajar yang membantu pertumbuhan dan perkembangan siswa secara menyeluruh, aktif, dan proaktif.

Dan juga memotivasi guru lain untuk menerapkan pendekatan belajar yang berfokus pada siswa dan menjadi contoh dan agen perubahan dalam ekosistem pendidikan.

Selanjutnya dijelaskan bahwa Guru penggerak punya 5 peran, Menggerakkan komunitas belajar untuk rekan guru di sekolah dan di wilayahnya, Menjadi pengajar praktik bagi rekan guru lain terkait perkembangan pembelajaran di sekolah.

Mendorong peningkatan kepemimpinan murid di sekolah, Membuka ruang diskusi positif dan ruang kolaborasi antara guru dan pemangku kepentingan di dalam dan luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, Menjadi pemimpin pembelajaran yang mendorong well being ekosistem pendidikan di sekolah.

Diharapkan kpd seluruh peserta untuk dapat mengikiti kegiatan sampai berakhir yg akan berlangsung selama 6 bulan.

Semoga semua peserta dapat lulus nanti dan mendapatkan sertifikat sebagai Guru penggerak. Hal ini sangat sejalan dengan program prioritas Pemkab Agam yangbsalah satunya mewujudkan pendidikan unggul utk semua.(Syafrianto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *