Tingkatkan Kondisifitas Keamanan Masyarakat Polres Subang Luncurkan Gelar Lomba Siskamling.

Subang – jurnalpolisi.id

Jum’at – 05/05/2023 Untuk meningkatkan kondisifitas keamanan Masyarakat,Kapolres Subang AKBP Sumarni S.IK, SH, MH, giat laksanakan acara lomba siskamling dimasing masing Wilayah Desa yang ada di Kabupaten Subang.

Dalam acara lomba siskamling dibawah arahan dan petunjuk Kapolres AKBP Sumarni S.IK, SH, MH. Waka Polres Subang,Kompol Satrio Prayoga S.IK, M.IK, Kabag Ren Kompol Perabowo S.IP, serta jajaran personel sebagai Tim Surve penilai berkunjung kesalah satu lokasi Pos Siskamling ( Pos siskamling Preman Pensiun ) yang ada diwilayah hukum Polsek Cikaum, Desa GandaSari Kecamatan Cikaum Kabupaten Subang Jawa Barat, Kamis – 04 – Mei 2023, pukul 17.30 Wib.

Dengan adanya kehadiran Waka Polres Kompol Satrio Prayoga S.IK, M.IK bersama Personel sebagai Tim Surve diacara lomba giat siskamling yang hadir dipos siskamling preman pensiun, disambut meriah oleh Kepala Desa ( Karta )dan warga GandaSari berserta staf, juga hadir Kapolsek Cikaum AKP Anton Indra Gunawan S.E, Bripka Azan mutaqin ( Bhabinkamtibmas ), Kanit Patroli serta personel,juga Koramil 0508 Kapten AHR Asep Suherdin serta personel yang turut hadir di pos siskamling Preman Pensiun didusun Tanjung Kerta Rt.13/04 Desa GandaSari.

Dalam surve pengecekan diacara lomba siskamling, benda/alat yang sudah disiapkan dan diprioritaskan yang ada dipos siskamling oleh tim ronda Pos Preman Pensiun,seperti : Kentongan ( Kohkol ), Senter, Pentungan sebagai alat Ronda, juga tangga ( taraje ), gala/gantar, karung goni, pasir,ember sebagai sarana alat pemadam api, juga ada Wastavel, jam dingding, buku tamu dan lainnya.

Dalam acara giat lomba siskamling,Waka Polres bersama Tim surve untuk mengintruksikan kepada personil ronda untuk memberikan bagaimana cara memukul kentongan yang benar dam tepat dengan kode kode yang sudah ditentukan, dari mulai kode kentongan ada kematian,pencurian, kebakaran, bencana alam, pencurian, bahaya,dan juga suara kentongan kondisi aman. Dengan adanya peragaan cara memukul kentongan yang dipragakan oleh tim ronda,masyarakatpun wajib tahu dan memahami suara kentongan saat terdengar, karena itu sangatlah penting untuk memberikan Kode suara dilingkungan stempat.

Dengan adanya giat lomba siskamling ( Sistem keamanan lingkungan ), untuk meningkatkan Kamtibmas ( Keamanan ketertiban masyarakat ) diwilayah masing masing untuk mengantisipasi adanya tindak kriminal ( Kejahatan ) seperti C3 ( Curat,curas dan curanmor ) dan lainnya.

Dengan adanya giat lomba siskamling, jajaran Polri dan TNI agar lebih dekat lagi untuk menjaga kebersamaan dalam menjaga dan meningkatkan Kamtibmas, dan juga Sinergitas Polri,TNI bersama Masyarakat harus diutamakan untuk menguatkan dan mendorong Kamtibmas,agar aman, tentram,nyaman dan kondusif.

Dengan hadirnya Polri dan TNI ditengah masyarakat,itu peran yang sangat penting untuk warga masyarakat disetiap adanya persoalan diluar sepengetahuan,apa lagi menjelang pemilihan Legeslatif ( Pileg ) yang sudah dekat di Tahun 2024 mendatang.

( Rb JPN )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *