LSM Elang Emas Gelar Audiensi Bersama Pemdes Muara di Kantor Desa Muara Adanya Dugaan Ketidaktransparanan Anggaran Desa.

Subang –  jurnalpolisi.id

Jum’at – 14/04/2023 Pemdes Muara dan Lsm Elang Emas gelar Audiensi di Kantor Desa Muara,Kecamatan Blanakan Kabupaten Subang Jawa Barat, terkait adanya dugaan kesalahan yang dilakukan Kepala Desa Muara, H Soleh Wahyudin terhadap Oknum Lsm Elang Emas berapa hari lalu.

“Dalam kesempatan ini, diacara gelar Audiensi dikantor Desa Muara, Lsm Elang Emas dan Pemdes Muara beserta jajaran untuk mengklarifikasi adanya dugaan kesalahan yang dilakukan Kades ( Kepala Desa ) H.Soleh Wahyudin terhadap Oknum Lsm Elang Mas ( Bebeng A M ).

Ditengah tengah acara Audiensi, pertanyaan yang disampaikan meliputi Dana Desa yang dialokasikan untuk permodalan Bumdes Muara, dan minta penjelasan tentang legalitas kepengurusan, pengelolaan Bumdes dan Kantor Bumdes dihalaman Rumah Kepala Desa Muara, serta meminta penjelasan atas sikap maupun ucapan Kades, yang diduga telah melukai perasaan Bebeng Adi Martin ( Oknum Lsm ).

“Lanjut, dalam penyampaian Lsm Elang Mas saat Audiensi adanya dugaan kesalahan pengelolaan Bumdes dan melukai perasaan Oknum Lsm Elang Mas ( Bebeng A.M ).
Kepala Desa ( Kades ) H.Soleh Wahyudin menjelaskan,” bahwa dirinya membenarkan, telah membangun kantor Bumdes dihalaman Rumahnya sendiri, itu dilakukan, karena Bumdes Muara Istimewa selama ini belum memiliki kantor Bumdes di Desa Muara.

Kantor Bumdes yang dibangun dihalaman Rumah, itu hanya untuk sementara,ujarnya. Karena dikantor Desa tidak ada ruangan untuk dijadikan kantor kegiatan Bumdes, uang yang digunakannyapun bukan dari permodalan Bumdes,tapi uang pribadi Saya ucap Kades. Dan sifatnya hanya pinjaman/ Dana talang untuk Bumdes.

“Lanjut Kepala Desa, jika sudah ada lahan dan ada keuntungan dari usaha yang dikelola Bumdes, dirinya akan menyerahkan kepada pengurus Bumdes, agar membangun kantor sendiri yang tempatnya lebih nyaman dan terbuka. Adapun mengenai legalitas Bumdes, kalau memang harus berbadan hukum, dirinya akan menyerahkan kepada pengurus Bumdes, supaya legalitasnya jelas” diurus dan diproses secepatnya.

“Selain itu, bahwa Bumdes Muara Istimewa,” bergerak dibidang Usaha Suplier ikan dan udang yang dipasarkan ditiga Kabupaten, Subang, Karawang dan Purwakarta. Untuk sementara Bumdes Muara Istimewa dikelola oleh ketua Bumdes, karena pengurus lainnya masih memiliki kesibukan masing masing,tutur Kades.

“Dengan ada Audiensi yang digelar diKantor Desa Muara, Kamis – 13 – April 2023, Kepala Desa ( Kades ) H.Soleh Wahyudin, mengucapkan banyak terima kasih kepada Ketum serta anggota Lsm Elang Mas, yang telah memberikan kritik,saran dan masukan juga sudah mengingatkan Saya, yang Akhirnya saya dapat mengambil hikmah dari semua ini atas adanya dugaan ini, ujar Kades.

“Ketum DPP Lsm Elang Mas bersama Anggotanya, saat mendengarkan penjelasan yang disampaikan H.Soleh W ( Kades Muara ), menegaskan,” bahwa dirinya akan mencatat apa yang sudah disampaikan oleh Kades Muara,akan terus mengawasi penggunaan Anggaran maupun program kegiatan pembangunan di Desa Muara, yang sumber anggarannya berasal dari pajak, pungkas Ketum Lsm Elang Mas.

Adapun soal sikap dan ucapan Kades yang dianggap telah menyinggung perasaan Bebeng A.M ( Oknum Lsm ),
Karena dirinya dituding telah menyalahgunakan Dana Desa T/A 2023 tahap pertama, dan membuat berita tidak ada konfirmasi terlebih dahulu, sehingga terjadi simpang siur dalam pemahaman.

( Bisri Rb )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *