Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) MAN 2 mengadakan lomba Musabaqoh Fahmil Qur’an (MFQ) Peringati Nuzul Qur’an.

Bukitinggi Sumbar  –  jurnalpolisi.id

Lomba ini diadakan selesai pelaksanaan shalat Dhuha di mushalla MAN 2 Bukittinggi, kegiatan dihadiri oleh seluruh siswa, Kepala madrasah.

Dan wakil kepala madrasah dan Majelis Guru. Kegiatan didampingi oleh pembina OSIM mulai dari persiapan hingga pengumuman lomba.dilaksanakan pada hari Senin (10/4/2023).

Kegiatan lomba ini dibuka secara resmi oleh kepala MAN 2 Bukittinggi Amri.J. dan dalam pembukaan acara tersebut kepala madrasah menyampaikan apresiasinya terhadap OSIM dan seluruh siswa MAN 2 Bukittinggi yang ikut berpartisipasi dalam pembagian takjil gratis di berbagai tempat di kota Bukittinggi.

Walaupun pada hari ini sudah lewat 17 Ramadhan namun tidak ada kata terlambat bagi kita dalam peringatan Nuzul Qur’an.

Berbagai cara dapat kita lakukan dalam mengisi peringatan peristiwa turunnya Al-Qur’an kepada nabi Muhammad SAW yang dijadikan petunjuk bagi umat manusia.

Surat pertama yang diturunkan yaitu Surat Al Alaq ayat 1 – 5 yang bunyi ayat pertamanya ” Iqra’ artinya bacalah,” ungkap Amri.J.

Ketua panitia lomba, Radjaki Dharma Sakban, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa MFQ merupakan lomba kegiatan keagamaan dalam rangka memperingati peristiwa Nuzulul Qur’an yang diperingati setiap 17 Ramadhan.

“Peserta lomba merupakan perwakilan kelas dalam bentuk tim setiap kelas wajib mengutus satu tim yang terdiri dari 3 siswa.

Kegiatan lomba ini terdiri dari 3 sesi yaitu sesi 1 babak penyisihan, sesi 2 semi final dan sesi 3 babak final. Untuk juri pada lomba ini kami mengundang 2 juri yang merupakan guru PAI di madrasah kita yaitu ibu Elfita dan bapak Wedi Nofrian.

Semoga melalui lomba MFQ ini sebagai generasi muslim milenial kita dapat membaca, memahami dan mengamalkan Alquran dalam kegiatan sehari-hari,” ungkap Radjaki.

Sementara itu sebagai pembina OSIM bidang keagamaan Ustad Syafrizal dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas kinerja OSIM tahun 2023 dalam mengangkat lomba MFQ untuk siswa MAN 2 Bukittinggi.

“Bahagia dan bersyukur dari 180 negara kita terlahir dan tinggal di Indonesia dengan aman dan nyaman dalam menjalankan ajaran Alquran.

Sebagai generasi muslim sudah seharusnya kita memahami isi kandungan Alquran sehingga dapat menjadi bekal bagi kita dalam menghadapi berbagai percaturan dunia”

Lanjutnya,” Semoga dari acara cerdas cermat isi kandungan Alquran atau Fahmil Qur’an akan terlahir para juara yang nantinya apabila ada lomba serupa di luar madrasah kita sudah punya utusan.

Karena MFQ ini ada acaranya sampai tingkat provinsi dan nasional,” papar Ustad yang fasih berbahasa Arab ini.

Adapun pemenang dari lomba MFQ pada peringatan Nuzulul Qur’an di MAN 2 Bukittinggi yaitu Juara 1 dari kelas XI.IPA 1, Juara 2 dari kelas XI. IPS 1 dan Juara 3 dari kelas X. IPK 2 (Syafrianto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *