Pemdes Krosok Pantau Perkembangan Balita Melalui Posyandu

Tulungagung  –  jurnalpolisi.id

Saat ini pemerintah pusat maupun daerah sedang gencar melakukan program upaya pencegahan stunting. Salah satu upaya tersebut dengan adanya kegiatan posyandu balita, sebab posyandu ini memberikan pelayanan kepada balita dengan melakukan penimbangan agar bisa dipantau pertumbuhan dan perkembangannya. Seperti kegiatan rutin posyandu balita yang dilaksanakan di desa Krosok, kecamatan Sendang- Tulungagung.

Rusmini selaku Bidan Desa saat ditemui di sela-sela kegiatan posyandu di dusun Karang Tengah, Rabu (5/4) mengatakan selain pelayanan posyandu ada juga pemberian gizi tambahan seperti telur dan kacang hijau. “Pemberian untuk PMT setiap bulan wajib,” terangnya. “Jumlah disini ada 40 anak,” imbuhnya.

Lebih lanjut Rusmini menjelaskan, kegiatan posyandu balita ini dilakukan penimbangan balita dan anak. “Setiap kali datang balita ditimbang, dipantau mulai dari pengukuran berat badan, tinggi badan serta deteksi dini tumbuh kembang anak,” Rusmini. “Kader-kader Posyandu balita desa Krosok melakukan kegiatan rutin bulanan,” ucapnya.

Sementara itu Susanto, kepala desa Krosok mengatakan dengan adanya kegiatan posyandu kesehatan balita akan lebih bisa diperhatikan dan terpantau. “Posyandu penting untuk memantau daya tumbuh balita, selain itu posyandu juga dapat mencegah stunting”, jelas Susanto.

Susanto menghimbau kepada masyarakat secara rutin mengikuti kegiatan posyandu ini. “Saya berharap seluruh masyarakat yang mempunyai balita untuk bisa ikut secara rutin kegiatan posyandu agar perkembangan balita sesuai dengan yang kita harapkan, selain itu apabila ada keluhan balita bisa diketahui sejak dini”, tutup Susanto.

(Editor Hari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *