KODIM 0111/BIREUEN GELAR PEMBINAAN JARING MITRA KARIB

Bireuen – jurnalpolisi.id

Kodim 0111/Bireuen, menggelar Pembinaan Jaring Mitra Karib Tahun 2023. Kegiatan tersebut diikuti Mitra karib Kodim 0111/Bireuen, yang dilaksanakan di Tribun Makodim 0111/Bireuen di Desa Blang Bladeh Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen,Senin (20/3/2023)

Dengan tema “Mewujudkan Binter TNI AD yang adaptif melalui kegiatan pembinaan jaring mitra karib di wilayah guna mengoptimalkan deteksi dini, cegah dini, temu cepat dan lapor cepat bagi apkowil”.

Dandim 0111/Bireuen Letnan Kolonel Inf Ade Munandar,S.I.Pem dalam sambutannya Mengatakan Pertahanan keamanan rakyat semesta (hankamrata) adalah sistem pertahanan negara yang bersifat semesta, dengan melibatkan seluruh warga negara, wilayah dan sumber daya nasional (sumdanas)lainnya,
Serta dipersiapkan secara dini oleh pemerintah dan diselenggarakan secara
Total, terpadu, terarah, berkesinambungan dan berkelanjutan untuk menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah negara kesatuan republik indonesia (NKRI) dan melindungi keselamatan segenap bangsa dari setiap ancaman.

Pertahanan semesta yang kuat menjamin kelangsungan hidup bangsa indonesia, dengan memanfaatkan sumber daya nasional (sumdanas), baik sumber daya alam (sda), sumber daya manusia (sdm) maupun sumber daya buatan (sdb) dalam satu kesemestaan. Hal ini dilakukan secara semesta, terpadu, terarah dan keberlanjutan untuk menjamin
Kelangsungan hidup nkri yang berdasarkan
Pancasila dan uud 1945 guna menghadapi
Berbagai ancaman dan tantangan di masa depan

Untuk mewujudkan kondisi yang tangguh berupa kondisi dinamis masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dari segala bentuk ancaman
Diantaranya separatisme, terorisme, radikalisme, konflik komunal, isu politik nasional dan lokal, maka setiap aparat komando kewilayahan harus memiliki kemampuan “temu cepat dan lapor cepat”.

Kemampuan apkowil dalam temu cepat dan lapor cepat merupakan salah satu bentuk dari kecepatan mendeteksi suatu
Permasalahan yang timbul di wilayah agar dapat diantisipasi dengan pengambilan keputusan yang tepat melalui kegiatan
Pembinaan jaring mitra karib yang pelaporannya dilaksanakan oleh mitra karib binaan jajaran kodim 0111/Bireuen.

komandan kodim 0111/Bireuen sangat mengapresiasi dan memberikan dukungan demi suksesnya kegiatan
Pembinaan jaring mitra karib agar menjamin terlaksananya pembinaan jaring mitra karib di satuan komando kewilayahan, sehingga tercipta deteksi dini, cegah dini serta sistem temu cepat dan lapor cepat di kalangan apkowil guna menciptakan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh di wilayah,tutup Dandim.
(D2M)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *