KKG Gugus Dwija Wiyata Tingkatkan Kompetesi Jurnalistik Guru

Banyumas –  jurnalpolisi.id

Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Dwija Wiyata Korwilcam Kedungbanteng meningkatkan kualitas para guru melalui Pelatihan Jurnalistik. Kegiatan yang diikuti oleh para guru kelas 1-6 dari 8 sekolah anggota gugus ini berlangsung di SD Negeri 1 Beji pada Kamis (16/3).

Kegiatan didukung penuh oleh Pengawas Sekolah, Wuryanto, dengan turut hadir dalam acara pembukaan. Beliau berpesan agar kegiatan pelatihan jurnalistik ini bisa menunjang kegiatan pembelajaran di sekolah.

“Semoga kegiatan jurnalistik ini bisa menjadi salah satu media diferensiasi kegiatan belajar di sekolah,” tuturnya.

Pelatihan yang dipandu oleh Muhammad Syaifuddin, Humas KKG, berfokus pada reportase tulis. Selain menerima teori, para guru juga praktik secara langsung bagaimana menulis berita. Ia menjelaskan bahwa berita bisa berperan sebagai sarana edukasi, sumber informasi dan inspirasi.

“Dengan menulis berita kegiatan di sekolah, guru akan menyebarkan nilai kebaikan dari sekolah sebagai sarana edukasi kepada masyarakat,” jelasnya.

Ia berharap agar dari pelatihan ini, para guru nantinya bisa mengaktifkan media kehumasan gugus dengan konten kegiatan di sekolah masing-masing atau artikel pendidikan sebagai sarana informasi bagi masyarakat umum.

Ketua KKG, Sera Puspita Irasari, menambahkan bahwa pelatihan ini memiliki rencana tindak lanjut sebagai implementasi hasil pelatihan.

“Setiap sekolah minimal sebulan sekali mengirimkan tulisan reportase atau artikel yang akan dipublikasikan di website Gugus Dwija Wiyata. Nanti akan dibuatkan jadwal oleh pengurus untuk masing-masing sekolah anggota gugus,” tandasnya.

( Arif JPN )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *