SMK Bahari Nusantara Kota Tual Gelar Uji Kompetensi Kejuruan

Kota Tual  –  jurnalpolisi.id

Satu – satunya di Kota Tual yang merupakan sekolah kejuruan bertaraf pelayaran. Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) Bahari Nusantara melaksanakan uji kompetensi kejuruan, Sabtu ( 05/03/2023 )

Adapun dalam pelaksanaan uji kompentensi tersebut diikuti sebanyak 47 peserta, yang terdiri dari 21 peserta Nautika dan 26 peserta Teknika. Uji kompetensi sendiri, juga diawasi langsung oleh dua tenaga ahli dimasing – masing bidangnya. Yang pertama Capt. Lahan Bacho, yang saat ini bertugas sebagai Nahkoda Kapal Negara (KNP 334)

Sedangkan untuk tenaga pengawasan Teknika diawasi langsung`Lajali Lapandewa S.H, yang saat ini bertugas di KNP 5206 sebagai Kepala Kamar Mesin (KKM). Keduanya merupakan ASN Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan ( KUPP ) Kelas II Tual.

Beranjak dari pelaksanaan uji kompetensi tersebut dengan dasar hukum pelaksanaan uji kompetensi kejuruan adalah pada amanat Permendikbud Nomor 34 Tahun 2018 tentang Standar Nasional Pendidikan SMK/MAK.

Yang mana di sampaikan kepala sekolah, SMK Bahari Nusantara kota Tual, Hamis Reliubun ST, berdasarkan pada hasil rilis yang di terima awak media Jurnal Polisi.id

Reliubun menjelaskan, bahwa sesuai panduan atau pedoman penyelenggaraan uji kompetensi tahun pelajaran 2022-2023, bahwa pelaksanaan uji kompetensi keahlian ( UKK ) bertujuan untuk

1. Mengukur percapaian kompetensi peserta didik SMK yang telah menyelesaikan proses pembelajaran sesuai kompetensi keahlian yang di buktikan dengan sertifikat kompetensi.

2. Mengoptimalkan pelaksanaan setifikasi kompetensi yang berorentasi, pada capaian kompetensi lulusan SMK sesuai kerangka kualifikasi nasional.

3. Mendorong kerja sama SMK dengan dunia kerja dalam rangka pelaksanaan Uji kompetensi keahlian ( UKK )sesuai kebutuhan kerja

Sedangkan untuk sasaran dari uji kompetensi keahlian ( UKK ), menurut Reliubun ialah, terlaksanannya proses asesmen bagi seluruh peserta didik SMK Pelayaran Bahari Nusantara Tual kelas (X11) yang di laksanakan secara efektif, efesien dan terukur., serta diterbitkannya sertifikat Kompetensi bagi seluruh peserta Uji kompetensi keahlian ( UKK ) yang di nyatakan kompoten sesuai kompotensi keahlian yang di tempuh.

“Jadi hasil Uji kompetensi keahlian ( UKK ) bagi siswa akan menjadi indikator ketercapaian standar kompetensi kelulusan,”sebut Reliubun seperti dikutip Sabtu (05/03)

Sedangkan bagi pemangku kepentingan hasil uji kompetensi keahlian ( UKK ), menurutny di jadikan sumber informasi akan kompetensi yang di miliki tenaga kerja

Sementara itu ditempat yang sama sebagai fungsi pengawasan yang dilakukan Capt. Lahan Bacho bersama Lajali Lapandewa S.H, juga disambut baik pihak sekolah atas kepedulianya dan dedikasinya dalam dunia pendidikan.

“Kami sangat mendukung sekali, karna dengan adanya uji kompetensi itu dapat mengukur kemampuan siswa. Bahwa sejauh mana mereka didalam mengimplementasikan ilmu yang didapat,”tutur Capt. Lahan Bacho yang juga sebagai pengawas dalam uji kompentensi yang dilakukan

“Apabila dari para siswa maupun siswi tersebut sudah yang sudah dinyatakan lolos dalam seleksi itu, maka dapat langsung mempraktekanya sesuai dengan bidangnya. Baik itu di bagian Nautika, juga di Teknika,”sambung Bacho

Sembari dikatakan kalau dalam beberapa waktu lalu juga telah menyampaikan kepada para tenaga pendidik (Guru) agar waktu praktek kepada siswa bisa ditambahkan dari 2 bulan menjadi 3 bulan.

“Karna selama ini hanya 2 bulan saja. Dan menurut saya ini sangatlah minim sekali, jadi kalau bisa waktu prakteknya ditambahkan juga. Karna kalau mau dibilang untuk tingkat Akademik saja satu Tahun lamanya,”pinta Bacho

Dan untuk diketahui, bahwa saat ini di SMK Bahari Tual yang beralamatkan di Jln. Jendral Sudirman Kecamatan Dullah Selatan Kota Tual juga sudah dilengkapi dengan beberapa peralatan yang cukup mumpuni baik di bidang Nautika maupun Teknika, seperti GPS Plotter With Eco Sounder, Marine Radar With AIS, Kompas, CB Transceiver, VHF Transceiver.

Sedangkan untuk bagian Teknika, juga tersedia Digital Cirkuit Training Kit, Basic Elecyronics Triner, Basic Electro Pheumatic Trining Sistem, Air Copresor serta masih banyak juga alat pendukung lainya.

Publish by (MLA_jpn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *