Festival Lato-Lato Perdana di Bukittinggi, Meriahkan 1 Abad Jam Gadang

Bukittinggi Sumbar-  jurnalpolisi.id

Bangunan tegak berdiri yang berusia hampir satu abad “Jam Gadang” merupakan simbol kebanggaan warga kota Bukittinggi, Provinsi Sumatra Barat. Hari ini, Minggu (5/3/2023) pagi. Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi itu mengadakan Event “Lato-lato Hebat.”

Sebanyak 300 lebih peserta mengikuti event yang tengah menginspirasi berbagai usia tersebut, dengan berhadiahkan jutaan rupiah.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Pemerhati Jurnalis Siber (PJS) Kota Bukittinggi Hamriadi, melalui Divisi Organisasi Alex Armanca, mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan ini, apalagi acara ini Bukittinggi Pers Club (BPC) sebagai panitia.

“Suasana langit di atas Taman Jam Gadang Kota Bukittinggi bersinar cerah pagi ini, suasana taman tampak ramai ‘Heboh Pecah’ oleh kebisingan suara lentingan ‘Lato-lato’ mulai dari anak-anak hingga yang tua,” tutur Alex.

Ia menjelaskan, para anak-anak warga kota dan pengunjung riang gembira berlari-larian di pelataran taman berlantaikan batu alam itu.

“Beberapa dari pengunjung memanfaatkan kunjungannya ke taman untuk berfoto dengan berlatarkan peserta kompetisi dan bernuansa Jam Gadang,” jelas Alex.

Ia menerangkan, Jam Gadang Bukittinggi di bangun semasa penjajahan kolonial Belanda pada tahun 1926 Masehi.

Keberadaanya di jantung Kota Bukittinggi memang jadi primadona bagi wisatawan mendatangi kawasan itu.

Areal taman sangat luas dan berdiri tegak sebuah bangunan Jam Gadang peninggalan penjajah Belanda ini, juga sebagai tempat duduk beristirahat bagi wisatawan setelah lelah berbelanja dan mengunjungi objek wisata di kota kelahiran Proklamator Bung Hatta ini.

“Taman Jam Gadang merupakan magnet bagi wisatawan. Apalagi dilatarbelakangi dua gunung yakni Gunung Merapi dan Singgalang, yang tentunya menambah takjub jika berada di Taman Jam Gadang karena dapat menyaksikan dua gunung menjulang tinggi dengan indahnya,” terang Alex

Ratusan para peserta kompetisi Lato-lato mulai dari anak-anak hingga orang dewasa telah mendaftarkan namanya dimeja panitia Festival Lato-lato Bukittinggi Hebat.

“Pagi itu Kota Bukittinggi, Sumatra barat (Sumbar) banyak menggelar event dan acara-acara seperti senam jasmani dengan dentuman speaker yang meriah di taman jam gadang, car free day di jalan Sudirman, event pencak silat Bang Wako feat Gerami MK di gedung pasar atas yang keseluruhan acara lokasi yang berdekatan,” tutup Alex Armanca. (Syafrianto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *