Bupati Husein Kembali Kukuhkan Tujuh Satuan Karya Pramuka

Banyumas –  jurnalpolisi.id

Bupati Banyumas Achmad Husein, selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Banyumas, melantik pengurus tujuh Majelis Pembimbing Satuan Karya (Mabisaka), serta Pimpinan Satuan Karya Pramuka (Pinsaka) Tingkat Cabang Banyumas masa bakti 2023-2028. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Pendopo Sipanji Purwokerto, Kamis 2 Maret 2023.

Ketua Kwarcab Banyumas, Agus Nur Hadie dalam sambutan yang dibacakan oleh Ketua Bidang Humas Amrin Makruf mengatakan Kwarcab Banyumas saat ini memiliki 17 Saka. Menurutnya Kwarcab saat ini memiliki Saka terbanyak, namun menurutnya tujuan utamanya bukan banyaknya, namun memberikan kesempatan kepada Pramuka Penegak dan Pandega untuk mempelajari kecakapan khusus sesuai kepeminatanya. Sebelumnya Bupati juga telah mengukuhkan 7 mabisaka dan pinsaka di Banyumas.

“Sebanyak 7 satuan karya dari 17 Satuan Karya yang, kembali dilantik oleh Bupati Banyumas Kak Achmad Husein selaku ketua Majelis Pembimbing Cabang. Majelis Pembimbing Satuan Karya atau Mabisaka dan Pimpinan Satuan Karya atau Pinsaka yang dilantik kali ini adalah Saka Wira Kartina di bawah binaan Kodim 0701 Banyumas, Saka Bayangkara di bawah binaan Polresta Banyumas, Saka Bakti Husada di bawah binaan Dinas Kesehatan, Saka Wanabakti dibawah binaan KPH Banyumas Timur, Saka Bina Sosial, binaan Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Saka POM di bawah binaan Loka POM Banyumas, serta Saka Anti Narkoba di bawah binaan BNN Kabupaten Banyumas. Pada pelantikan kali ini juga hadir Ketua Kwarda Jawa Tengah yang diwakili oleh Ketua Bidang Abdimas Wika Bintang,” katanya

Sebelumnya Bupati Banyumas juga telah melantik Mabisaka dan Pinsaka dari 7 satuan karya yaitu Saka Milenial di bawah binaan Dinas Kominfo, Saka Bahari di bawah binaan Dinas Perhubungan, Saka Taruna Bumi di bawah binaan Dinas Perikanan dan Peternakan, Saka Pustaka di bawah binaan Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah, Saka Kalpataru binaan Dinas Lingkungan Hidup, Saka Pariwisata di bawah binaan Dinas Pemuda Kebudayaan dan Pariwisata, serta Saka Widya Budaya Bakti di bawah binaan Dinas Pendidikan.

Bupati Banyumas, Achmad Husein mengucapkan selamat mengemban amanah dan terimakasih atas kesediaan para Kepala OPD dan pejabat, menjadi Pengurus Majelis Pembimbing dan Pimpinan Saka. Bupati Husein menitipkan generasi muda Banyumas untuk aktif dan berperan dalam kegiatan kepramukaan di Banyumas. Bupati sangat yakin dengan aktif di Pramuka, anak-anak muda menjadi generasi yang baik dan terhindar dari kenakalan.

“Dasa Darma Pramuka itu sudah sangat bagus dan luar biasa bahka tidak adan yang bertentangan dengan agama apapun. Maka jika masyarakat Banyumas bisa menghayati dan melaksanakan dasar darma, maka akan tercipta kebaikan dalam berbagai unsur kehidupan,” katanya

Ia juga berpesan agar para kepala OPD bersungguh-sungguh dalam mendidik anak-anak, melalui Satuan Karya Pramuka yang menjadi binaannya agar mereka menjadi generasi yang hebat.

Senada disampaikan oleh Wakil Ketua Bidang Abdimas Kwarda Jawa Tengah Wika Bintang yang mewakili Ketua Kwarda Atiqoh Ganjar Pranowo, yang mengaku bangga dengan Kwarcab Banyumas yang terus berinovasi dalam pembinaan pramuka.

“Dibawah dukungan Ketua Mabicab Kak Achmad Husein, Pramuka Banyumas terus berinovasi dan melasat,” katanya.

( Arif JPN )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *