Camat Lubuk Basung, Buka Acara Sosialisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Nagari Manggopoh Tahun 2023.

Agam sumbar-  jurnalpolisi.id

Camat Lubuk Basung Agam Sumatera Barat yang diwakili Sekretaris Kecamatan, Bayu wiranata s.stp, buka acara sosialisasi anggaran Pendapatan dan Belanja Nagari Manggopoh Tahun 2023.

Kegiatan dilaksanaka pada hari Senen, 30/01/2023) dengan lokasinya di Aula Kantor Walinagari Manggopoh Lubuk Basung Agam.Acara Sosialisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Nagari Manggopoh Tahun 2023, dilaksanakan kegiatan sosialisasi mengenai Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Nagari.

Acara dihadIri sebanyaq75 orang peserta, Camat Lubuk Basung, Pendamping Profesional, Bamus Nagari Manggopoh, KAN Manggopoh, Bhabinkanyibmas, Babinsa Nagari Manggopoh, Kader KPM.Walijorong se Nagari Manggopoh, Lembaga Nagari, Kelompok Masyarakat,TK/PAUD, posyandu/KPM, Mahasiswa KKN UNP, Guru, Bidan Desa,Ksb.

Pembukaan oleh Camat Lubuk Basung Agam, diwakili oleh Sekretaris Kecamatan Nagari dan selanjutnya disebut APBD Nagari tahun 2023, dihadiri Camat Kecamatan Lubuk Basung diwakili oleh Sekcam.Arahan Pendamping Desa Irma Nazpiyenti.SH, menyampaikan, bulan januari sudah bisa laksanakan kegiatan kegiatan sudah ada petunjuknya setiap tahun pertama PMK 201, dan permen Desa no.8 hampir sama dengan lalu.ujarnya.

Pertama uang ini digunakan untuk pemulihan Ekomomi ketanganan pangan mimimal 20%, dan lokasi kinerja Nagari manggopoh luar biasa, kalau dibandingkan dengan Nagari Nagari lainnya dan dana BLT mimimal 10% maksimal maksimal 25%. dam kebutuhan diantarnya sesuai dengan kebutuhan wilayah maaing masing.ujarnya.Sambutan Walinagari Manggopoh Ridwan.A.Md, pada bulan mei sudah mulai kegiatan baru yang menjadi usulan dari kelompok maupun dari perwakilan dari wilayah.Dari hasil turunya Bamus kelapangan menerima masukan masukan dan saran dari keluarga masing masing dapil, Permen Des nomor 8 pembuatan tahun 2022 dan sudah membuat rangkaian rangkaian prioritas penggunaa dàna BB yang prioritas penggunaan yang bersumber langsung dari pusat.ujarnya.

Pembuka acara oleh Camat Lubuk Basung, diwakili Sekretaris Kecamatan, Bayu wiranata s.stp, mengatakan harus disesuaikan dengan program prioritas baik rekor nasional, provinsi kabupaten hingga kebutuhan diNagari.Karena berembuk dengan kebutuhan Nagari banyaknya, kita sudah dipesankan dari tingkat atas, malahan Wali Nagari sampai kepusat dan pusat sudah meyakini adanya, manggopoh akan menjadi Nagari yang luar biasa ujarnya.

Dan perpustakaanya yang dipuji oleh tingkat nasional adalah Nagari Manggopoh dan nyambung dengan biayasiswa yang nerprestasi dari Tingkat SD, SMP, SMA sebanyak 77 paket dan semuanya sangat bersinambungan ujarnya.Kegiatan ini dilaksanakan pukul 10.00 WIB di Aula Kantor Walinagari Manggopoh Kecamatan Lubuk Basung dan selanjutnya dijelaskan sedikit mengenai APB Dana Nagari.

APB Dana Nagari adalah rencana keuangan tahunan pemerintahan Nagari yang dibahas dan ditetapkan oleh Walinagari bersama Badan Permusyawaratan Nagari .Pendapatan asli Nagari terdiri dari hasil usaha Nagari, hasil kekayaan Nagari, hasil swadaya dan partisipasi, dan lain-lain pendapatan asli Nagari yang sah.

Untuk Nagari dan dari retribusi Kabupaten Agam sebagian diperuntukkan bagi Nagari, bagian dari dana perimbangan keuangan pusat dan daerah yang diterima oleh Kabupaten Agam untuk Nagari.Pembagiannya untuk setiap Nagari proporsional yang merupakan alokasi dana Nagari, bantuan keuangan dari Pemerintah.

Dari Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten Agam dalam rangka pelaksanaan urusan pemerintahan, hibah dan sumbangan dari pihak ketiga yang tidak mengikat.ujarnya.( Syafrianto )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *