Riki Dermawan ajak Nelayan Rokan Hilir untuk Urus Asuransi Nelayan.

BAGAN SIAPI-API  –  jurnalpolisi.id

Tokoh Muda Kabupaten Rokan Hilir Riki Dermawan, S.Sos menghimbau kepada masyarakat yang berprofesi Nelayan untuk lebih antusias mengurus Asuransi Nelayan sebagai pendukung akses pelayanan kesehatan dan jaminan terhadap berbagai bentuk kecelakaan di laut dan di darat.

Bukan tanpa sebab, Kejadian malang yang menimpa Suwandi (40) warga Jalan Beringin I Kepenghuluan Sungai nyamuk Kecamatan Sinaboi Kabupaten Rokan hilir yang mendapat musibah kecelakaan di kepalanya saat bekerja dilaut disebabkan mesin kapal sedang beroperasi atau sedang berjalan.

Luka serius dikepalanya mengharuskan Suwandi harus di rujuk ke RSUD Arifin Achmad Kota Pekanbaru meski sebelumnya telah ditangani di RSUD Dr.Pratomo Bagansiapiapi Kabupaten Rokan hilir.

Sebagai pemuda yang memiliki emosional kuat dengan para nelayan di kabupaten Rokan hilir, Riki Dermawan menghimbau dan mengajak agar Nelayan yang ada di Pesisir Kabupaten Rokan hilir Seperti Kecamatan Sinaboi, Bangko, Kubu dan Pasir limau kapas agar lebih antusias untuk mengurus Asuransi Nelayan.

Sebab menurutnya, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memiliki program asuransi nelayan. Asuransi tersebut untuk menunjang akses pelayanan kesehatan dan jaminan terhadap berbagai bentuk kecelakaan di laut dan di darat.

Oleh Sebab itu, para nelayan diminta untuk lebih sadar dan antusias dalam mengurus kelengkapannya sebagai nelayan. Memang sudah ada jaminan kesehatan yang diberikan melalui Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), menurutnya hal tersebut perlu didukung oleh asuransi atas profesi yang dijalani.

“Memang sudah ada jaminan kesehatan yang umum. Tapi saya nilai memang perlu didukung oleh asuransi yang bersifat khusus ini,” terang Riki Dermawan kepada suarapesisirrokan.com Jum’at (13/01/2022).

Berdasarkan informasi yang didapat, “asuransi yang dikeluarkan memberikan polis atau batas klaim hingga Rp200 juta sesuai dengan kecelakaan yang dialami. “Total klaimnya bisa sampai Rp200 juta,” imbuh Riki

Lanjutnya, ia juga menghimbau agar masyarakat kabupaten Rokan hilir pada umumnya agar senantiasa melengkapi administrasi kependudukan baik berupa Kartu Tanda Penduduk maupun kartu Keluarga.

“Jangan ketika sudah sakit baru sibuk mau buat KK dan KTP atau atau administrasi kependudukan lainnya,” Sebut Riki yang merupakan Demisioner Ketua Cabang PMII Rohil

Tidak hanya itu, Riki juga menyebut bahwa mengurus administrasi Kependudukan di Disdukcapil Rohil makin membaik tidak memakan waktu yang lama, mudah dan Transparan dengan ketentuan melengkapi syarat administrasi sesuai aturan yang berlaku.

” Sekarang kan Disdukcapil Rohil pelayanannya makin bagus. Sebagai Masyarakat Kita Apresiasi hal itu. Sebab Saya kemaren bantu nguruskan KK salah satu warga yang dirujuk kerumah sakit, Pagi saya bawa berkasnya sore udah selesai. Artinya bisa disimpulkan pelayanan Disdukcapil Kabupaten Rokan hilir hari ini kita nilai bagus dalam melayani masyarakat Negeri seribu kubah,” Tutupnya

Kabiro Panca Sitepu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *