Kasdam Merdeka Brigjen Luthfie Beta Pimpin Upacara Hari Infanteri

Bitung –  jurnalpolisi.id

Kepala Staf Kodam (Kasdam) XIII/Merdeka Brigjen TNI Luthfie Beta bersama Perwira jajaran Kodam XIII/Merdeka dan Korem 131/Santiago ikut berjalan kaki mengiringi Peleton Beranting (Tonting) Yudha Wastu Pramuka Jaya pada Etape terakhir dari Markas Kodim 1310/Bitung menuju finish kantor Walikota Bitung.
Dengan langkah panjang dan tegap nan perkasa akhirnya pasukan Peleton Beranting (Tonting) memasuki lapangan upacara dengan senjata di pundaknya setelah menempuh jarak sekitar 50,2 KM dengan berjalan kaki.

Kepala Staf Kodam (Kasdam) XIII/Merdeka Brigjen TNI Luthfie Beta memimpin upacara Hari Infanteri ke-74 tahun 2022 dengan bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dengan Komandan Kodim (Dandim) 1303/Bolmong Letkol Inf Topan Angker sebagai Komandan Upacara (Danup), Senin (19/12/2022) di kantor Walikota Bitung.

Upacara peringatan Hari Infanteri ke-74 tahun 2022 mengusung tema ” Infanteri Yang Modern dan Selalu Di Hati Rakyat “, dihadiri oleh Irdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Denny Masengi, Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Theodorus Kawatu, Kasrem 131/Santiago Kolonel Inf Hengky Yuda Setiawan, Asrendam XIII/Merdeka Kolonel Kav Tri Handoko, para Staf Ahli Pangdam XIII/Merdeka, para Asisten Kasdam dan Kabalak Kodam XIII/Merdeka, para Kasi Kasrem dan Kabalak 131/Santiago, Karumkit R.W Mongisidi Kolonel Ckm dr.I Gede Putu Arsana, Dandim 1310/Bitung Letkol Arm Yoki Efriandi, Danyonzipur 19/YKN Letkol Czi Hanif Tupen, para PJU Rindam XIII/Merdeka, Para Waas Kasdam dan Wakabalak Kodam XIII/Merdeka, para Pamen dan Pama Kodam XIII/Merdeka dan Korem 131/Santiago, para Dandim sejajaran Korem 131/Santiago, Kakorum Yonif Raider 712/Wiratama Kapten Inf Yudho Heru, Dankikav 10/MSC Lettu Kav Eka Syarif Hidayat, Walikota Bitung Maurits Mantiri, dan Forkopimda Kota Bitung serta para undangan.

Pada upacara yang diselenggarakan secara sederhana tapi penuh khidmat tersebut diwarnai dengan penampilan pasukan tradisional 1945 atau pasukan Infanteri tempo dulu dengan menggunakan pakaian dan persenjataan serba sederhana. Dilaksanakan juga tradisi minum air kelapa muda oleh Kasdam XIII/Merdeka sebagai simbol perjuangan tempo dulu.
Kemudian dirangkaikan dengan penandatanganan naskah serah terima Simbol Yudha Wastu Pramuka Jaya yang merupakan manifestasi dari bentuk jiwa korsa sekaligus kebanggaan bagi prajurit Infanteri dan sebagai pasukan terdepan dalam setiap pertempuran.
Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri (Danpussenif) Letjen TNI Arif Rahman dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Kasdam XIII/Merdeka menyampaikan bahwa, pada peringatan Hari Infanteri yang ke-74 tahun 2022, mengambil tema ” Infanteri Yang Modern dan Selalu Di Hati Rakyat “. Tema tersebut sangat tepat dan patut dijadikan pedoman dan arah bagi Prajurit Korps Infanteri dalam mengemban tugas di masa yang akan datang.
” Tema tersebut mengandung makna kedekatan dan kecintaan serta kemanunggalan antara TNI Angkatan Darat dengan Rakyat ,” kata Kasdam.

Pada kesempatan itu Kasdam berpesan agar seluruh prajurit Korps Infanteri agar mampu menjadi pelopor dalam mengatasi kesulitan rakyat disekitarnya, selalu berdiri kokoh diatas pondasi jati diri prajurit sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional. Selain itu, tingkatkan semangat jiwa korsa yang positif, namun jangan sampai terjebak dalam jiwa korsa yang sempit.
” Selamat Hari Infanteri ke-74 tahun 2022, salam Yudha Wastu Pramuka. Saya ucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada prajurit Korps Infanteri dimana pun berada dan bertugas, sehingga atas pengabdian dan pengorbanan sampai saat ini, mampu mengharumkan nama baik Korps Infanteri dalam rangka mendukung tugas pokok TNI Angkatan Darat “, ujar Brigjen TNI Luthfie Beta mengutip amanat Danpussenif.

( Samiun Manope)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *