Menjadi Daerah Langganan Banjir dan Longsor, Polsek Buayan Patroli Sambil Bagikan Bibit Pohon Alpukat

Kebumen – jurnalpolisi.id

Kebumen menjadi salah satu daerah yang kerap menjadi langganan banjir dan tanah longsor. Selain faktor cuaca, alam yang rusak juga menjadi salah satu pemicu bencana yang kerap terjadi pada setiap tahunnya.

Sudah saatnya semua masyarakat kompak untuk bersama menjaga kelestarian alam dengan program pelestarian lingkungan dan kebijakan kebencanaan.

Seperti yang dilakukan Polsek Buayan ini misalnya. Melalui kegiatan patrolinya, Polsek Buayan membagikan bibit pohon untuk penghijauan di tengah masyarakat.

Ratusan pohon alpukat yang telah dibagikan kepada masyarakat itu, diharapkan dapat menjadikan alam menjadi lebih hijau dan lebih sehat.

“Tujuan pemberian bantuan pohon ini adalah untuk penghijauan sekaligus pencegahan secara dini bencana alam banjir dan tanah longsor. Selanjutnya untuk meningkatkan perekonomian warga di masa yang akan datang, karena buah yang dihasilkan memiliki nilai ekonomi,” jelas Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin melalui Kasubsi Penmas Aiptu S Catur Nugraha, Jumat 11 November 2022.

Pada hari Kamis (10/11), Polsek Buayan sedikitnya memberikan bantuan bibit pohon Alpukat di Desa Karangbolong, dan Desa Rangkah masing-masing 100 bibit pohon. Jauh sebelum itu, Desa Tugu juga menjadi titik awal Polsek Buayan melakukan pemberian bantuan bibit pohon alpukat.

Pemberian bantuan bibit pohon ini dipimpin langsung Kapolsek Buayan Iptu Sucipto. Bibit-bibit yang masih segar dan sehat itu diangkut menggunakan mobil patroli Polsek Buayan lalu diserahkan ke pihak desa.

“Desa Karangbolong rawan longsor longsor, sedangkan untuk Desa Rangkah rawan banjir. Jadi pemberian bantuan ini diharapkan dapat mengembalikan kelestarian alam,” jelas Iptu Sucipto.

Apa yang dilakukan Polsek Buayan masih menjadi bagian kecil dari bentuk kebijakan kebencanaan, mengingat luasnya Kecamatan Buayan.

Kegiatan itu juga merupakan pendidikan pelestarian lingkungan hidup kepada masyarakat yang diharapkan dapat meminimalisir bencana alam kedepannya.

“Masyarakat juga harus ikut aktif menjaga kelestarian alam, serta program penghijauan untuk meminimalisir bencana alam yang kerap terjadi di Kecamatan Buayan. Minimal bisa melalukannya mandiri dengan menanam sejumlah pohon di pekarangannya,” jelas Kapolsek Buayan Iptu Sucipto.

Menurut Iptu Sucipto, kegiatan pembagian bibit pohon semacam ini akan terus dilakukan secara estafet dan berkala.

Selain bibit pohon alpukat, sejumlah bibit pohon mangga juga telah disiapkan Polsek Buayan yang nantinya akan dibagikan kepada warga masyarakat.

( Riyan JPN )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *