Masyarakat Syiah Utama Kekuhkan Kinerja Kepala KUA Setempat

Bener Meriah – jurnalpolisi.id

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kementrian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) Kecamatan Syiah Utama Kabupaten Bener Meriah, Drs. Syuhada, diduga banyak tidak aktif kerja alias jarang masuk kantor di pusat Kota Samar Kilang.

Informasi terhimpun dari masyarakat Kecamatan Syiah Utama, Kepala KUA beserta staf Aparatur Sipil Negara (ASN) diduga tidak masuk kantor sesuai aturan hari kerja diberlakukan dalam negara Republik Indonesia.

Akibatnya, sebagian besar masyarakat Samar Kilang komplen dan mengeluhkan hal tersebut dikarenakan setiap masyarakat membutuhkan mereka tidak berada dikantor berdinas selayaknya abdi negara (pelayan publik).

Pantauan awak media ini bersama masyarakat yang aktif masuk kantor hanya penyuluh berstatus non ASN berada di Kantor KUA tersebut, itupun hanya setengah hari dah tutup kantornya.

Menurut Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama Samar Kilang mengaku sangat mengecewakan dengan sikap dan cara pihak kantor KUA Syiah Utama, dalam hal ini ASN telah diikat sumpah dan digaji oleh uang negara serta mendapatkan tunjangan jabatannya.

“Kepala KUA Syiah Utama, Drs. Syuhada pernah berjanji dengan kami para Imam Kampung dalam rapat bahwa pak Kepala KUA akan masuk kantor setiap hari Senin, kecuali ada rapat di Kantor Kemenag Kabupaten, namun itu semua tidak diketjakannya,” sebut beberapa orang Iman Desa di Samar Kilang, Rabu (09/11).

Direktur Forum Peduli Rakyat Miskin (FPRM), Nasruddin menilai tindakan dan perilaku Kepala KUA Kecamatan Syiah Utama, Drs. Syuhada tersebut diduga sudah menyalahi Regulasi tentang disiplin ASN dan telah melanggar sumpah jabatannya sebagai aparatur pemerintah pelayan publik.

“Kami minta kepada pihak Kemenag RI Kabupaten dan Provinsi Aceh agar menyurati dan meng-evaluasi kinerja Drs. Syuhada beserta staf ASN Kantor KUA Kecamatan Syiah Utama tersebut, bila perlu segera diganti karena dianggap tidak amanah sebagai abdi negara pelayan publik,” tegas Nasruddin melalui rilisnya.

Kepala KUA Kecamatan Syiah Utama, Drs. Syuhada berikan penjelasan kepada awak media ini melalui pesan WhatsApp pribadinya, “Mohon maaf bukannya saya jarang masuk kantor, berhubung kondisi saya saat ini kurang fit, biasanya saya selalu nginap di kantor, setahun yang lalu saya operasi ginjal, namun demikian tugas kantor juga kita jalankan,” jawabnya.*

Editor : Ubay

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *