Pemprov Jatim dan PLN Tanam 5000 Mangrove di Pantai Wringin Putih Muncar

BANYUWANGI – jurnalpolisi.id

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak Bersama Wakil Bupati Banyuwangi H. Sugirah saat Ikut Serta Dalam Penanaman 5000 Pohon Mangrove, di Pantai Wringin Putih Muncar, Selasa (08/11/22)

Sebanyak bibit 5000 mangrove di tanam di Pantai Cemara Desa Wringin Putih, Kecamatan Muncar, Banyuwangi, Senin (7/11/2022).

Penanaman yang diinisiasi Pemerintah Provinsi Jawa timur dan PLN tersebut merupakan komitmen terhadap program pelestarian lingkungan, pencegahan abrasi dan pengendalian emisi karbon.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak mengatakan, kegiatan ini merupakan komitmen dari pemerintah dalam melestarikan ekosistem yang ada diwilayah pesisir. Penanaman mangrove ini untuk keberlanjutan masyarakat pesisir karena bisa menjaga wilayah pesisir dari ancaman abrasi.

“ini bagian komitmen kami dalam menjaga ekosistem Mangrove di Jawa Timur. Bukan saja menjaga ekosistem melainkan menjaga para nelayan dari bahaya abrasi pantai,” ungkap Emil Dardak.

Tanaman mangrove atau bakau memiliki fungsi yang sangat besar bagi lingkungan hidup. Diantaranya sebagai tumbuhan yang mampu menahan arus air laut yang mengikis daratan pantai. Keberadaan mangrove juga memperkaya ekosistem yang ada di sekitarnya, yang bisa menguntungkan para nelayan.

Berita Pemerintah
Pemprov Jatim dan PLN Tanam 5000 Mangrove di Pantai Wringin Putih Muncar
November 8, 2022  P Riyatno
Sementara itu, General Manager PLN Distribusi Jawa Timur, Lasiran mengatakan, dalam rangkaian hari listrik nasional PLN berkomitmen dalam memberikan manfaat berbagai kehidupan termasuk ekosistem.

Salah satunya menanam magrove yang dilaksnakan di Pantai Cemara Muncar dan magrove memiliki berbagai manfaat bagi lingkungan disekitarnya.

“Ini merupakan sinergi kami dengan salah satu program Gubernur Jatim yakni sedekah oksigen. Tamanan mangrove memiliki banyak manfaat, selian mengurangi abrasi, dan meminimalis terjadi banjir, serta mengurangi emisi,” ungkap Lasiran..

(TIM JPN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *