Sejumlah Siswa SDN 1 Korwilcam Dindik Rawalo Ikuti ANBK

Banyumas  –  jurnalpolisi.id

Sejumlah siswa SD di Korwilcam Dindik Rawalo mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) termasuk siswa SDN 1 Rawalo yang mengikuti ANBK pada gelombang dua yaitu tanggal 26 sampai dengan 27 Oktober 2022 diikuti oleh 16 anak. Dalam satu hari dilaksanakan dua sesi, yaitu sesi pertama 8 siswa dan sesi kedua 8 siswa.

Kepala Sekolah SDN 1 Rawalo Siti Rochani, S.Pd mengatakan bahwa Asesmen Nasional Berbasis Komputer tahun 2022 merupakan tahun kedua. Karena tahun pertama dilaksanakn tahun 2021 masih dalam situasi pandemi Covid-19. Tujuan dari Asesmen Nasional (AN) adalah untuk memantau dan mengevaluasi sistem pendidikan jenjang dasar dan jenjang menengah. AN hanya diikuti sebagian (sampel) murid yang dipilih secara acak dari kelas 5, 8, dan 11 di setiap sekolah/madrasah. Sampelnya masing-masing jenjang 30 peserta. Apabila lebih dari itu maka sisanya dijadikan cadangan.

“Dampak yang diharapkan dari Asesmen Nasional antara lain pemetaan dan potret mutu SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/K/MA di semua daerah, kinerja sistem terpantau secara berkala, hasil AN digunakan untuk evaluasi diri, evaluasi kinerja diyakini lebih adil karena memperhitungkan posisi awal yang beragam, mendorong orientasi pada perbaikan, bukan pada perbandingan antar sekolah/daerah“ jelasnya
( Arif JPN )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *