Babinsa Bersama Warga Bangun Tempat Biogas Kotoran Ternak

Aceh Tenggara – jurnalpolisi.id

Babinsa Posramil Lawe Bulan Sertu muslim dan sertu Ardiansyah Jajaran Kodim 0108/Agara bersama perangkat Desa laksanakan pembuatan biogas milik bapak jabudin (46) di Desa kuta buluh botong Kecamatan lawe bulan Kabupaten aceh tenggara, senin (24/10/2022).

yang menjadi salah satu inovasi untuk menghasilkan dan membantu kelangkaan sumber daya minyak. Biogas dihasilkan dari sistem penguraian bahan-bahan organik oleh mikroorganisme sehingga dapat dijadikan sebagai sumber daya alternatif yang ramah lingkungan.

Untuk pembuatan biogas dengan adanya dekomposisi bahan organik secara anaerobik (tertutup dari udara bebas) untuk menghasilkan gas yang sebagian besar adalah berupa gas metan (yang memiliki sifat mudah terbakar) dan karbon dioksida, gas inilah yang disebut biogas.

Gas yang terbentuk dapat digunakan untuk menyalakan api pada kompor gas atau kebutuhan lainnya. Mulai hari ke-14 ,kita sudah bisa menghasilkan energi biogas yang selalu terbaru Biogas ini tidak berbau seperti bau kotoran sapi. Selanjutnya, digester terus diisi lumpur kotoran sapi secara kontinu sehingga dihasilkan biogas yang optimal.

Pengolahan kotoran ternak menjadi biogas selain menghasilkan gas metan untuk memasak juga mengurangi pencemaran lingkungan, menghasilkan pupuk organik padat dan pupuk organik cair dan yang lebih penting lagi adalah mengurangi ketergantungan terhadap pemakaian bahan bakar minyak bumi yang tidak bisa diperbaharui, Ungkap sertu muslim.

Liputan Hamidan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *