Pemblokiran Jalan Nasional Kerinci-Bangko Desa Muara Emat, Membuahkan Hasil, Kades Jasman Lengser.

Kerinci-  jurnalpolisi.id

Ratusan warga Desa Muara Hemat, Kecamatan Batang Merangin turun memblokir jalan Nasional Kerinci – Bangko, Rabu (19/10/2022). yang didominasi Emak Emak, Akibatnya lalu lintas di jalan tersebut lumpuh.

Informasi dari salah satu anggota BPD, warga menutup jalan pas di depan jembatan Muara Emat sejak pagi pukul 08.30 WIB. Hingga jam 19.00 WIB, Pada saat itu jalan tersebut masih belum bisa dilalui kendaraan, Puluhan mobil terpaksa berhenti disepanjang jalan tersebut. Menurut informasi warga memblokir jalan karena meminta agar Kades Muara Hemat diberhentikan.

Sebelumnya warga juga sudah melakukan unjuk rasa 2 kali di kantor Bupati Kerinci di Bukit Tengah dengan tuntutan meminta agar Kades Muara Hemat dipecat, namun hasil nya belum ada dari Pemda Kerinci, Apalagi niat masyarakat ketemu Bupati mengadukan Hal ini, sia sia tidak terwujud.

Kapolsek Batang Merangin Iptu Julisman, mengatakan pihaknya sudah berulang kali menyampaikan agar jalan tidak ditutup, namun tak diindahkan oleh warga.

“Kita mengedukasi ke masyarakat Muara Hemat, agar tidak memblokir akses jalan, namun tetap tidak di indahkan, masyarakat tetap menunggu Bupati kerinci untuk menemui mereka, ”Jelas Kapolsek.

Dengan adanya aksi masyarakat Desa Muara Emat yang menutup jalan, maka Anggota Polres kerinci yang di Pimpin langsung oleh Kapolres Kerinci AKBP Patria Yuda Rahadian,S.I.K,M.I.K, beserta Kapolsek Batang Merangin IPTU Julisman bersama anggota Polsek langsung merespon dengan cepat untuk melakukan pendekatan dan dialog dialogis dengan masyarakat yang melakukan aksi Pemblokiran jalan yang didominasi Emak Emak agar tidak terjadi konflik antara masyarakat Muara Emat dengan pengguna jalan.

Dari hasil pendekatan dialogis dan koordinasi bahwa menurut warga Kepala Desa Muara Emat “Jasman” sudah tidak pantas lagi menjabat Kades, karna sudah banyak mengecewakan Warga Desa Muara Emat.

Ternyata Aksi Warga dengan cara Pemblokiran jalan mendapatkan respon baik dari Pemda Kerinci, terutama dari Camat Batang Merangin Heri Cipta S.Sos,M.H. yang langsung berkoordinasi dengan Kapolres Kerinci dan Pihak Pemda Kerinci di kantor Camat Batang Merangin, dari hasil koordinasi, Kades Desa Muara Emat bersedia membuat surat penyerahan jabatan di Kantor Camat Batang Merangin.

Sekretaris Daerah ( Sekda ) Kabupaten Kerinci Zainal Efendi,S.P.,M.Si turun langsung menemui Warga Desa Muara Emat yang melakukan Pemblokiran Jalan pada pukul 17.30 Wib, setelah melakukan mediasi dengan warga, Sekda Zainal Resmi membacakan Penurunan Jabatan Kades Muara Emat, dan selanjutnya Pjs Kades akan di umumkan paling lambat kamis (20/10/2022).

Selanjutnya Sekda menghimbau agar warga tetap menjaga keadaan kondusif dan jangan anarkis, soal dugaan penyalahgunaan wewenang kepala Desa nantinya akan diusut jika terbukti korupsi Maka uang akan di kembalikan dan akan diproses sesuai dengan Undang-undang yang berlaku dan akan di serahkan ke pihak yang berwenang, “Tegasnya.

Setelah pembacaan Penurunan Jabatan Kades Muara Emat di hadapan massa aksi yang Pemblokiran jalan nasional Kerinci – Merangin di Desa Muara Emat.

Akhirnya Pemblokiran jalan raya nasional tersebut langsung di buka kembali oleh masyarakat dan bisa di lewati oleh pengguna jalan.

(Tim JPN )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *