PCNU Kota Tangerang Menggelar Acara MUSKERCAB Ke-1 dengan Tema “Revitalisasi Jam’iyyah dan Penguatan Organisasi dalam Menyongsong 1 Abad NU’

Cianjur  –  jurnalpolisi.id

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Tangerang menyelenggarakan Musyawarah Kerja Cabang (MUSKERCAB) Nahdlatul Ulama ke-1. Acara dipimpin Panitia Pelaksana Musyawarah Kerja Cabang (MUSKERCAB-1) PCNU Kota Tangerang Arfan Effendi S.Ag, Kegiatan tersebut dilaksanakan 24-25 September 2022, di Wisma Kemnaker RI, yang bertempat di Ciloto Kabupaten Cianjur Jawa Barat.

Hadir dalam pembukaan MUSKERCAB ke-1 Nahdlatul Ulama Kota Tangerang, di buka oleh Ketua PCNU Kota Tangerang Drs K.H Dedi Mahfudin M.Si, Muskercab yang digelar di Wisma Kemnaker RI.

Perwakilan Ketua PWNU Provinsi Banten oleh K.H Sardani, menyampaikan apresiasi yang sangat besar kepada PCNU Kota Tangerang yang selalu berperan aktif dalam berorganisasi sampai saat ini, dengan Tema “Revitalisasi Jam’iyyah dan Penguatan Organisasi dalam Menyongsong 1 Abad NU’.

“Saya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya musyawarah ini, karena para pengurus cabang Nahdlatul Ulama Kota Tangerang tetap taat mempertahankan kesinambungan dan pengembangan organisasi,” kata KH. Sardani dihadapan peserta MUSKERCAB-1 PCNU Kota Tangerang.

Saat ini, ungkap K.H Sardani, kondisi negara dalam keadaan yang cukup memprihatikan, revitalisasi agama terutama karena berakhirnya wabah virus corona yang meningkatkan keadaan umat, sehingga seharusnya menjadi momentum bagi para pemimpin umat untuk meningkatkan ketangguhan dan sumber daya umat, serta mendorong persatuan seluruh umat Islam agar tangguh dan mampu bangkit menghadapi tantangan diera modernisasi ini.

Rais Syuriyah PCNU Kota Tangerang KH Abdul Mu’thi dalam tausiyahnya menghimbau agar PCNU Kota Tangerang dalam menjalankan organisasi tetap berpegang pada kaidah dan tetap menjaga nilai-nilai terdahulu yang baik dan mengambil nilai-nilai baru yang baik. “Sehingga Nahdlatul Ulama tetap konsisten dalam berdakwah dan menjadi organisasi yang moderat dengan nilai-nilai Tawasuth, Tawazzun, Tasamukh,” ujarnya.

“Lokasinya bagus, acaranya juga luar biasa, semoga bisa menghasilkan gagasan yang bagus-bagus” ucap KH Abdul Mu’thi.

Sejak berdirinya NU pada tahun 1926, telah banyak berperan dan berjasa kepada bangsa dan negara. Sebelum kemerdekaan, NU turut aktif membangun kehidupan bangsa yang Relijius, terlibat dalam membangun konsensus dasar kebangsaan dan kerangka bernegara, yaitu pancasila, undang-undang dasar 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, dan hingga kini terus aktif memberikan sumbangsihnya yang besar kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Tentu, keberhasilan NU itu tidak lepas dari peran pendiri, tokoh-tokoh sentral, hingga anggota pengurus yang mengisi di tiap struktur organisasi. Bila mencermati struktur organisasi, terdapat enam tingkatan struktur organisasi NU, yaitu PBNU, PWNU, PCNU/PCINU, MWCU, PRNU, PARNU, baik dari tingkat pusat atau nasional hingga desa. Bahkan sampai ke tingkat kelompok masyarakat, dusun, Masjid atau Mushalla.

Setelah dibuka oleh Drs K.H Dedi Mahfudin M.Si, ketua PCNU Kota Tangerang, peserta MUSKERCAB ke-1 diharapkan bisa menghasilkan gagasan yang lebih baik, karena dibagi ke dalam tiga komisi, yaitu Komisi A Bidang Organisasi, Komisi B Program Kerja dan Komisi C Bidang Rekomendasi, tiga komisi tersebut dibahas secara terpisah. Komisi Keorganisasian, Program kerja dan komisi Rekomendasi.

Acara tersebut dihadiri oleh semua unsur struktur Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Tangerang, Rais Syuriyah PCNU Kota Tangerang KH Abdul Mu’thi, Katib Suriah KH Mulyadi, Sekjen Ahmad Kafi S.Ag, turut hadir, Para Ketua pengurus MWCNU dan PCNU Kecamatan Se- Kota Tangerang segenap sahabat Ansor Banser dan segenap unsur Lembaga.

(Ismail Marjuki JPN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *