Warung Mpok Sari, Masakan Betawi Punya Gaye Banyak Menu Favoritnya

Jakarta Selatan  –  jurnalpolisi.id

Betawi Punya Gaye sudah jadi tren, Warung Mpo Sari, jika ada kuliner yang makanannya enak, pasti ramai pembeli. Ini pula yang terjadi pada Rumah Makan Betawi Mpo Sari di kawasan Petukangan Jl. Ciledug Raya No.5B, Petukangan Utara, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Lantaran memiliki makanan khas yakni Sayur Goreng Asem Betawi kuah kuning ada tetelan daging, Soto Betawi, Semur Jengkol, dan Sayur Besan yang rasanya enak alias maknyus membuat warga dari berbagai kalangan menyambanginya untuk sekadar makan.

Dari masyarakat biasa, artis ibukota, PNS, hingga pejabat seperti Sekda Pemprov DKI Jakarta, Camat dan Lurah menjadi pelanggan di tempat tersebut. Ini disampaikan Mpo Sari.

“Langganan kami selain warga biasa ya ternyata PNS Pemkot Jakarta Selatan, kelurahan, kecamatan dan Pak Wahyu Lurah Petukangan. Mereka rata-rata merasa senang karena makanan yang disajikan cocok di lidah, rasanya enak” ujarnya.

Menurut Aliyah, usaha bisnis kulinernya dapat membantu perekonomian keluarga dan pekerja yang berasal dari kawasan Petukangan.

Para pekerja ini juga merasa senang jika makanan yang disajikan untuk pembeli dapat diterima dengan baik.

“Biasanya mereka balik lagi dengan mengajak keluarga atau teman,” tandasnya.

Sebagai bentuk pelayanan kepada pelanggan, Mpok Sari juga menerima katering kekantor antar pesan. Apalagi pesanan dari berbagai perusahaan dan perkantoran juga banyak yang datang.

Mpok Sari, pemilik rumah makan khas Betawi Punya Gaye ini mengatakan, dirinya hobi memasak di rumah yang sekaligus menjadi tempat makan.

“Yang paling banyak dipesan alias menjadi favorit di rumah makan ini yakni Sayur Goreng Asam Kuah Kuning isi Tetelan, Soto Betawi dan Sayur Besan Betawi” katanya.

Mpok Sari mengungkapkan, semula dagangannya hanya dikenal di lingkungan sekitar.

Lama-kelamaan langganannya makin banyak, tidak hanya warga Petukangan Ciledug, namun dari berbagai daerah lain seperti Ciputat, Kebayoran Baru, Pamulang, Senayan, Tanah Abang dan lainnya.

Mpok Sari menambahkan, dirinya sengaja membuat makanan khas itu dari Sayur Asem asli karena dagingnya lebih gurih.

“Sayur Goreng Asem Betawi isi tetelan daging ini rasanya sangat enak. Makanya pelanggan pada senang,” ujarnya.

Untuk menjadikan Sayur Goreng Asem dan Daging Kuah Kuning mempunyai rasa yang sedang dan enak dimakan, ia mendapat resep dari emaknya (ibu) yaitu orang tua nya, yang akan di wariskan turun temurun.

Saat itu, ia sering diajak emaknya (ibu) untuk membantu saat membuat menu tersebut.

“Ternyata, resep buatan emaknya (ibu) memang enak. cocok untuk lidah penikmat Sayur Goreng Asem Kuah Kuning,” katanya.

Bumbu Lengkap “Banyak yang bilang rasanya nikmat, ini karena memakai bumbu lengkap,” tandas Mpok Sari.

Untuk menambah selera nafsu makan pelanggan, di Rumah Makan Betawi Punya Gaye, Warung Mpok Sari ini, pihaknya juga melengkapinya dengan Sayur Goreng Asem, Sambal Menta Linjo, Sambel Goreng, Acar, Pucung Gabus, Kepala Kakap, Bandeng Pesmol, Pindang Bandeng, Pecak Nila, Pecak Gurame, Nila Goreng, Gurame Goreng, Pepes Kembung, Ketupat Sayur, Asinan Betawi, Ayam Goreng, Dendeng Daging, Semur Jengkol, Balado Jengkol, Cumi Cah Ijo, Ikan Asin Jamblang, Pepes Tahu, Oncom Leunca Kucay, Tahu Goreng, Tempe Goreng, Sambel Dadak, Sambel Goreng, Kerupuk Udang dan Emping.

Selain itu, tersedia Soto Betawi, Asinan Betawi dan lainnya, aneka minuman hangat, dingin dan juice buah segar, ada teh tawar teko dan teh manis teko yang menjadi menu favorit.

Mpok Sari selalu memili pelanggan baru yang disajikan bagi pecinta kuliner, khususnya yang berkunjung di Rumah Makan Betawi Punya Gaye Mpok Sari di kawasan Petukangan, Jakarta Selatan. Ayo silakan mencoba.

Reporter: Ismail Marjuki JPN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *