Warga Pemuda Nagari Kampung LubukBasung Agam Antusias Menyaksikan Lomba Panjat Pinang Dalam HUT RI 77

Agam Sumbar  – jurnalpolisi.id

Warga Pemuda Nagari Kampung Pinang Lubuk Basung Agam Sumatera Barat, sangat gembira dan senang sekali, laksanakan kegiatan olah raga panjat pinang, dalam rangka Semaraknya Peringati HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia,

Kegiatan olah raga panjat pinang yang merupakan kebiasaannya setiap tahunya, kecuali sebelumnya karena dalam kondisi covid.19, namun tetap warga waspada dalam rangka untuk Merayakan hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kegialan lomba yang dilaksanakan pada hari kamis, 18 Agustus 2022 yang dimulai siap sholat asar, yang langsung dihadiri Kapolsek Lubuk Basung, AKP Gusnawar, SAP, Walinagari Kampung Pinang Roni.S.Ap. Babinkamtibmas Nagari Kampung Pinang Lubuk Basung, Brigadir Ringga Pratama, Babinsa Nagari Kampung Pinang Serda Dedi Adrianto

Dan seluruh Jorong diNagari Kampung Pinang, Ketua Pemuda, Anggota Anak KKN Unand Padang dan anak KKN Unes padang, Tokoh Masyarakat dan banyak lainya, karena semakin semangatnya warga menonton dan melihatnya kegiatan lomba ini.

HUT ke-77 Kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus 2022 menjadi momentum besar bagi masyarakat Nagari Kampung Pinang Lubuk Basung Kab.Agam Sumatera Barat.

Untuk memeriahkan hari kemerdekaan RI, Berbagai macam perlombaan diadakan dan diikuti oleh masyarakat Nagari Kampung Pinang salah satu perlombaan yang paling dinantikan saat perayaan hari kemerdekaan adalah lomba panjat pinang.

Kendati demikian, panjat pinang di Nagari Kampung Pinanang ternyata memiliki makna tersendiri dalam perayaan hari Kemerdekaan Republik Indonesia dan ada beberapa  makna tersirat dari panjat pinang bagi warga Nagari yang dilansir dari berbagai informasi

Makna utama dari perlombaan panjat pinang bagi warga Nagari Kampung Pinang adalah Perjuangan yang dilakukan untuk mencapai tujuan, yang dilakukan oleh para pahlawan yang berjuang untuk mendapatkan kemerdekaan, dan siap menghadapi segala rintangan.

Tiang yang digunakan untuk panjat pinang juga dilumuri pelumas sehingga menjadi licin dan sulit untuk dipanjat dan setiap pejuang harus melewati berbagai rintangan sebelum mendapatkan  kemerdekaan RI.

Maka kerjasama yang bagus Panjat pinang ini tidak dapat dilakukan hanya seorang diri.dan perlu bantuan peserta serta bekerjasama yang baik dengan orang lain agar dapat mencapai puncak tiang panjat pinang.

Perlombaan beregu ini harus menyingkirkan kepentingan pribadi agar dapat mencapai puncak, Seperti yang dilakukan para pahlawan yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama yaitu  kemerdekaan  Indonesia.

Kecerdasan dan ketangkasan berpikir
Selain kerjasama, perlombaan panjat pinang juga memerlukan pemikiran dan strategi yang matang agar dapat mencapai tujuan.

Tujuan dari lomba panjat pinang bagi warga Nagari Kampung Pinanang adalah, untuk mengambil hadiah yang ada di puncak tiang dan peserta yang berhasil dalam panjat pinang berhak mengambil hadiah yang mereka inginkan.

Hal tersebut sebagai bentuk imbalan atas usaha dan kerja keras antar sama mereka. Selain itu hadiahnya dapat dibagi bersama teman satu regu dan bagi yang menonton.

Disinilah lomba panjat pinang memerankan maknanya dalam perhatian para perjuang dan para pahlawan hingga akhirnya dapat mencapai kemerdekaan Republik Indonesia.

Di sisi lain, perlombaan panjat pinang ternyata sudah ada sejak zaman sebelemnya , dimana saat itu perlombaan diadakan sebagai hiburan saat perayaan peringatan Hari Kemerdekaan RI pada saat ini, di tanah air.(Syafrianto, Jurnal Polisi New. TV wilayah Sumbar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *