Bupati Husein Kukuhkan Paskibra HUT Ke-77 RI Tingkat Kabupaten Banyumas

Purwokerto  –  jurnalpolisi.id

Bupati Banyumas Ir Achmad Husein mengukuhkan 9 anggota pasukan pengibar bendera (Paskibra) yang akan bertugas pada upacara peringatan HUT ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2022 tingkat Kabupaten Banyumas, Selasa (16/8/2021) malam di Pendopo Sipanji Purwokerto. Mereka merupakan hasil seleksi secara terbatas dan dilatih untuk bertugas pada upacara pengibaran dan penurunan bendera HUT ke 77 di Alun-alun Purwokerto tanggal 17 Agustus 2022.

Pasukan Pengibar Bendera atau Paskibra tahun 2022 untuk Tingkat Kabupaten Banyumas masih minimalis. Dimana jumlahnya hanya ada sembilan orang yaitu lima putra dan empat putri. Mereka adalah Arif Dian Permana Aji dari SMAN 2 Purwokerto, Muhamad Arya Andhani dari SMAN 3 Purwokerto, Fadhilla Arindra Permata Jelita dan Hadid Binery Munazaqi dari SMAN 4 Purwokerto, Elya Alwaliyana dari SMAN 1 Baturraden, Windi Rahmadani dari SMA Negeri 1 Ajibarang, Khaerullah Wiska Zora dari SMA Negeri Patikraja dan Rara Ayu Komala dan Oktafiani Ramadhan dari MAN 1 Banyumas.

Kepala Dinporabudpar Kabupaten Banyumas Asis Kusumandani mengatakan Paskibraka tahun ini, memang sangat minimalis, dimana jumlahnya hanya ada sembilan orang. Mereka diseleksi secara terbatas, dan mereka dilatih dan digembleng mulai latihan fisik, dan baris berbaris selama kurang lebih sepuluh hari.

“Berbeda pada peringatan HUT RI sebelum masa pandemi Covid-19, dimana paskibra memiliki formasi lengkap, yakni pasukan 17, 8 dan 45. Kendati berbeda dari tahun tahun sebelum masa pandemi, namun diharapkan tidak mengurangi hidmat serta makna dari upacara peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia,” katanya.

Meski terbatas, mereka tetap mengemban tugas berat dalam upacara pengibaran dan penurunan bendera yang rencananya akan digelar di Alun-alun Purwokerto. Mereka telah digembleng agar jiwa nasionalisme serta kepemimpinan dapat terbentuk selama proses pelatihan.

Salah seorang anggota Paskibra, Kharullah Wiska Zora dari SMA Negeri Patikraja mengaku bangga dapat terpilih menjadi anggota paskibra.

“Alhamdulillah saya merasa bangga bisa menjadi anggota Paskibra, yang terpilih sebanyak 9 orang termasuk saya merupakan kebanggaan tersendiri,” kata Zora

Ungkapan rasa bangga juga terlihat dari calon pengibar bendera lain. Mereka terlihat optimis, saat mengikuti pengukuhan, mereka yakin akan dapat melaksanskan tugas dengan baik. ( Arif JPN )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *