Dalam Rangka Menyambut HUT RI ke 77 Warga Jorong Pasar Durian Adakan Beberapa Perlombaan, Salah satunya Panjat pinang

Agam Sumbar  – jurnalpolisi.id

Peringati HUT Ke-77 Kemerdekaan Indonesia, Serunya Lomba Panjat Pinang Warga Jorong Pasar Durian Nagari Kampung Pinang Kecamtan Lubuk Basung Agam Sumatera Barat, untuk perayaan hari kemerdekaan Indonesia.

Ada banyak sekali perlombaan yang diadakan untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia.
HUT ke-77 Kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus 2022 menjadi momentum besar bagi masyarakat Jorong Pasar Durian Nagari Kampung Pinang Lubuk Basung Kab.Agam Sumatera Barat.

Dalam lomba tersebut lansung didampingi dan disaksikan Walinagari Kampung Pinang Roni.S.Ap. Babinkamtibmas Nagari Kampung Pinang Lubuk Basung, Brigadir Ringga Pratama, Jorong Pasar Duriam Feri Andria, Ketua Pemuda, tokoh masyarakat dan banyak lainya, karena semakin semangatnya warga menonton dan melihatnya kegiatan lomba ini.

Untuk ikut memeriahkan hari kemerdekaan, Berbagai macam perlombaan diadakan dan diikuti oleh masyarakat Jorong Pasar Durian dari berbagai usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dan salah satu perlombaan yang paling dinantikan saat perayaan hari kemerdekaan adalah lomba panjat pinang.

Kendati demikian, panjat pinang di Jorong Pasar Durian ternyata memiliki makna tersendiri dalam perayaan hari kemerdekaan Indonesia.Ada beberapa  makna tersirat dari panjat pinang bagi warga Jorong Pasar Durian yang dilansir dari berbagai sumber

Makna utama dari perlombaan panjat pinang bagi warga Jorong Pasar Durian adalah perjuangan yang dilakukan untuk mencapai tujuan.Seperti yang dilakukan oleh para pahlawan yang berjuang untuk mendapatkan kemerdekaan,Siap menghadapi segala rintangan.

Tiang yang digunakan untuk panjat pinang juga dilumuri pelumas sehingga menjadi licin dan sulit untuk dipanjat dan setiap pejuang harus melewati berbagai rintangan sebelum mendapatkan kemerdekaan, maka kerjasama yang bagus Panjat pinang tidak dapat dilakukan hanya seorang diri. Peserta perlu bantuan dan bekerjasama dengan orang lain agar dapat mencapai puncak tiang panjat pinang.

Perlombaan beregu ini harus menyingkirkan ego pribadi agar dapat mencapai puncak, Seperti yang dilakukan para pahlawan yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama yaitu  kemerdekaan  Indonesia.

Kecerdasan dan ketangkasan berpikir
Selain kerjasama, perlombaan panjat pinang juga memerlukan pemikiran dan strategi yang matang agar dapat mencapai tujuan.

Para pahlawan pun demikian, mereka mengatur segala macam taktik dan strategi untuk dapat mengusir para penjajah dari tanah air.

Tujuan dari lomba panjat pinang bagi warga joro ng Pasar Durian ini adalah untuk mengambil hadiah yang ada di puncak tiang dan peserta yang berhasil dalam panjat pinang berhak mengambil hadiah yang mereka inginkan hal tersebut sebagai bentuk imbalan atas usaha dan kerja keras antar sama mereka. Selain itu hadiahnya dapat dibagi bersama teman satu regu dan bagi yang menonton.

Disinilah lomba panjat pinang memerankan maknanya dalam merepresentasikan perjuangan panjang para pahlawan hingga akhirnya dapat mencapai kemerdekaan Republik Indonesia.

Di sisi lain, perlombaan panjat pinang ternyata sudah ada sejak zaman Belanda dimana saat itu perlombaan diadakan sebagai hiburan saat perayaan penting orang Belanda di tanah air.(Syagrianto Jurnal Polisi New. TV wilayah Sumbar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *