Surga Alam di Pemayungan Tebo, Terpancar di API Tahun 2022

TEBO – jurnalpolisi.id

Terekspose kearifan lokal dan terbukti Kabupaten Tebo Provinsi Jambi memiliki Potensi Panorama Alam yang indah bak bidadari yang tertidur atau Sorga yang masih tersembunyi, hal ini terungkap pada Ajang Pagelaran Akademi. Pesona Indonesia (API) tahun 2022.

Ternyata Kabupaten Tebo yang berjuluk Bumi Seentak Galah Serengkuh Dayung menyimpan Potensi Obyek Wisata yang cukup mempesona bak bidadari elok nan jelita, tepatnya lokasi di Desa Pemayungan Kecamatan Sumay yang berada di Zona Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT).

Dilokasi ini terbentang Panorama Alam yang manakjubkan dengan ke Asrian Alam yang terbentang luas, serta keindahan Flora dan Faunanya yang tak pernah puas dipandang mata, inilah kekayaan Alam Bukit Tiga Puluh.

Perlu mendapat perhatian serius dari semua elemen dan pihak terkait guna melindungi dan melestarikan Flora dan Fauna di lokasi ini, seperti Pohon Salo dengan nama latin (Johannesteijmania altifrons ), Harimau Sumatra dengan nama latin (Panthera tigris sondaica). Tak kalah menariknya jenis Ikan Punguk dan Bebatuan Alam yang tampak jelas disepanjang Aliran Sungai Bulan.

Rosi Saputra yang didapok Ketua Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Payung Emas Desa Pemayungan di konfirmasi menyebutkan, bahwa Potensi Alam ini merupakan warisan yang perlu dijaga serta dilestarikan bersama untuk dinikmati anak cucu mendatang.

” Benar semua Potensi Alam ini adalah kekayaan Alam Tebo yang dianugrahkan kepada Desa Pemayungan, semua itu berada dalam Zona Rimba TNBT yang perlu dijaga bersama kelestariannya. “Ungkap Ketua Pokdarwis, Rosi Saputra pada Minggu (17/07/2022).

Atas binaan pihak Taman Nasional Bukit Tiga Puluh dan didanpingi NGO Pelita Kita dan Pokdarwis, sambung Rosi Saputra, mengajukan Perubahan Zonasi Rimba ke Zonasi Pemamfaatan sedang dalam proses.

” Diharapkan bisa dijadikan salah satu tujuan wisata minat khusus Kabupaten Tebo, Pokdarwis Payung Emas fokus dalam hal membangun dan pengembangan wisata minat khusus, sesuai potensi Alam yang dimiliki sekarang, Yang juga masuk dalam API 2022 kategori Surga tersembunyi. ” Bever Ketua Pokdarwis.

Kepala Desa Pemayungan Sudirman mengatakan, pihaknya berharap seluruh pemuda pemudi yang tergabung dalam Pokdarwis terus semangat dalam berjuang mencapai semua tujuan terkait menjadikan lokasi ini menjadi Obyek Wisata Alam.

” Pada dasarnya Desa Pemayungan ini memiliki banyak potensi dan kekayaan alam lainnya, yang belum terungkap dan tergali, namun dengan semangat generasi muda yg tergabung dalam Pokdarwis, kita yakin akan menjadi jati diri Desa Pemayungan Adat Pelindung Peseko. ‘” Tutup Kades Sudirman. (mides)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *