PSHT Giat Cinta Alam di Bantir Hills Sumowono Kab Semarang Jateng.

Semarang – jurnalpolisi.id 

Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) melaksanakan Kegiatan sedekah alam penanaman 500 bibit pohon Trembesi pada Minggu, 27/03/2022 di lingkungan lokasi Kawasan Camping Ground dan Jalur Pendakian Gunung Ungaran Basecamp Bantir Hills, Desa Losari Kec. Sumowono, Kab. Semarang pada waktu 08.00 hingga selesai jam 14.00 WIB.

Agenda tersebut merupakan agenda yang diselenggarakan oleh Pokdarwis Bantir Hills dan komunitas cinta lingkungan termasuk PSHT di dalamnya. Giat yang dihadiri perwakilan Perhutani petak 06 M, RPH Lempuyangan, BKPH Ambarawa, Kedu Utara Lukas Munadi selaku KPRPH Lempuyangan) Tri Mulyadi, S.Pd.I (Ketua Pokdarwis Bantir Hills) dan Bu Pujiharini dari Dinas Kehutanan Cabang Daerah Kabupaten Semarang (CDK III), Komunitas URBAN (Ungaran Route Bantir Hills) Choirul Arif Maulana, dan Relawan Lindungi Hutan dll

Sedangkan dari PSHT yaitu Biro Hubungan Masyarakat Pusat (Dr. Syarif Prasetyo, S.Si., M.Si), Komandan KORLAP PSHT Kab. Semarang (Ali Imron), Ketua Ranting Ambarawa (Agus Pratomo, S.E.), Ketua Ranting Bergas (Budi Sulistiyono ), Waketua Ranting Sumowono (Agung Mujito) serta Segenap warga dan siswa PSHT.

Giat tersebut dimaksudkan untuk ikut merawat hutan. Menanam pohon adalah upaya menjaga sumber air yang sangat penting bagi kehidupan. Mengingat Gugusan Bukit Gendol, Gunung Ungaran terdapat banyak mata air yang mensuplai kebutuhan domestik, pertanian maupun Peternakan masyarakat Sumowono dan sekitarnya, maka perlu dilakukan konservasi lingkungan.

Giat yang turut dihadiri PSHT Sumowono, Ambarawa, Bandungan, Banyubiru dan Bergas ini diawali dengan longmarch.

Agung Mujito Wakil Ketua Ranting Sumowono dan juga tuan rumah acara, turut hadir di lokasi menyampaikan keharuannya,
“Hari ini begitu indah”, kata Agung
“Kita berkumpul bersama saudara-saudara dan melaksanakan giat cinta lingkungan ini,” imbuh Agung

Sementara saat Humas Pusat PSHT ditemui di lokasi, Dr. Syarif Prasetyo, S.Si., M. Si. menyampaikan bahwa kegiatan tanam pohon adalah salah satu wujud nyata yang diajarkan oleh PSHT dalam menjaga keindahan dunia atau memayu hayuning bawana.

“Memayu hayuning bawana,” kata pria yang akrab disapa Mas Pras ini.

“PSHT Kabupaten Semarang setiap tahun konsisten menyelenggarakan penanaman pohon dan melepaskan ikan ke habitat perairan sebagai bentuk sedekah alam dalam rangka menjaga hubungan dengan alam atau hablumminal alam,” imbuh Pras.

Acara berlangsung baik dan lancar, dan nampak antusias dari peserta kegiatan.

(Reporter JPN A. Deni Saputra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *