Universitas Pancasila Digandeng Cegah Narkoba di Kalangan Anak Muda

Jakarta – jurnalpolisi.id

Divisi Humas Polri menggelar ‘Goes To Campus: Mewujudkan Generasi Muda Sehat Tanpa Narkoba‘ di Universitas Pancasila, Jakarta Selatan, Selasa (15/10/2024). Kegiatan ini merupakan langkah Polri dalam berkolaborasi bersama kampus dalam pencegahan narkoba.

Kepala Biro PID Divhumas Polri Brigjen Pol Tjahyono Saputro mewakili Kadivhumas Polri Irjen Pol Sandi Nugroho dalam sambutannya, menyebut kasus narkoba merupakan masalah yang tak bisa dianggap ringan. Sebab, barang haram ini menjerat semua kalangan.

Untuk itu, Brigjen Tjahyono menegaskan Polri terus mengupayakan untuk memerangi narkoba hingga ke akar-akarnya. Terbukti pada 2023 Polri sukses mengusut 31.415 kasus narkoba dengan barang bukti Rp 12,8 triliun. Dari kasus itu 35.702.566 jiwa berhasil terselamatkan.

“Polri terus berkomitmen menindak tegas para pelaku kejahatan narkoba dan mengusut tuntas jaringan narkoba sampai ke akar-akarnya,” tegasnya.

Brigjen Tjahyono menekankan pentingnya pencegahan narkoba, utamanya untuk generasi Z. Terlebih kasus narkoba terus meningkat.

Menurut Brigjen Tjahyono, pencegahan narkoba bisa dilakukan dengan metode yang sudah ada ataupun metode baru. Terkhusus untuk pencegahan narkoba di kalangan generasi Z, adalah dengan menumbuhkan kesadaran hukum terkait penggunaan narkoba.

“Dalam upaya menyelamatkan generasi Z dari bahaya narkotika, maka salah satu cara adalah menumbuhkan kesadaran hukum pada mereka bahwa penggunaan narkotika merupakan suatu perbuatan yang salah dan melanggar hukum,” ucapnya.

Dikatakan Brigjen Tjahyono, upaya sosialisasi kinerja Polri kepada mahasiswa Universitas Pancasila kali ini merupakan langkah menciptakan generasi muda yang bebas dari narkoba. Sebab, narkoba dapat berdampak ke kerusakan fisik, mental, hingga hubungan sosial.

“Dengan meningkatkan kesadaran dan kolaborasi antara kepolisian dan instansi pendidikan, kita dapat memberikan informasi dan dukungan yang diperlukan untuk mencegah penyalahgunaan narkoba, sehingga menciptakan lingkungan yang lebih aman dan sehat bagi generasi muda,” katanya.

Dalam kegiatan ini juga terdapat dengan diskusi yang menghadirkan berbagai narasumber. Yakni Pamen Bareskrim Polri Kombes Pol Sucipta, Ketua Umum DPP Gerakan Nasional Anti Narkoba (DPP Granat), dan Wakil Dekan I Fakultas Psikologi Aully Grashinta.

Elroy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *