Tradisi “Peusijuek” Sambut Letkol Inf Andi Irsan Beserta Kelurga Resmi Jadi Warga Pidie Jaya

Pidie Jaya – jurnalpolisi.id

Komandan Kodim (Dandim) 0102/Pidie yang baru
Letkol Inf Andi Irsan, M.Han, bersama istri, Ny. Tuti Andi Irsan, resmi disambut sebagai warga baru kabupaten Pidie Jaya melalui tradisi Peusijuek atau tepung tawar. Acara sakral dan penuh makna tersebut berlangsung di Pendopo Bupati Pidie Jaya, Desa Keude, Kecamatan Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya, pada Senin (21/10/2024) malam.

Kehadiran Dandim 0102/Pidie beserta rombongan disambut hangat oleh Pj. Bupati Pidie Jaya, H. Ir. Jailani Beurahmat, bersama jajaran Forkopimda, antara lain Kapolres Pidie Jaya AKBP Ahmad Faisal Pasaribu, Ketua DPRK Pidie Jaya A. Kadir Jailani, Kajari Pidie Jaya Hedi Muchwanto, Pj. Sekda Pidie Jaya Bahrum Bhakti, Wakil Ketua MPU Tgk. Azzawahiri, dan sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat lainnya.

Prosesi Peusijuek dipimpin oleh Tgk. Azzawahiri, di mana Letkol Inf Andi Irsan beserta istri menerima tepung tawar sebagai simbol doa dan restu dari masyarakat. Tradisi ini melambangkan penerimaan resmi Letkol Inf Andi Irsan dan keluarga sebagai bagian dari masyarakat Pidie Jaya.

Sebelum prosesi utama, acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan Sholawat Badar oleh Ustadz Muhammad Safrijal, dengan harapan mendapatkan keberkahan dan ridha Allah SWT.

Dalam sambutannya, Letkol Inf Andi Irsan M. Han., mengungkapkan rasa terima kasihnya atas sambutan hangat tersebut. “Acara sakral ini bukan hanya sebuah kehormatan bagi saya, tetapi juga menandakan bahwa saya dan keluarga telah diterima sebagai bagian dari masyarakat Pidie Jaya,” ujarnya.

Ia juga berharap mendapatkan dukungan dari Forkopimda serta bimbingan para tokoh masyarakat agar dapat menjalankan tugas dengan baik. “Saya dan kelurga memohon doa, restu, dan dukungan dari semua pihak agar dapat mendedikasikan diri sepenuhnya dalam menjalankan tugas untuk Kabupaten Pidie dan Pidie Jaya,” tambahnya.

Pj. Bupati Pidie Jaya, H. Ir. Jailani Beurahmat, dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Letkol Inf Andi Irsan dan keluarga. Ia berharap agar Dandim baru dapat segera beradaptasi dengan lingkungan dan tradisi masyarakat dan menjaga komunikasi yang baik dengan instansi pemerintah serta semua lapisan masyarakat

“Atasnama pemerintah dan pribadi saya mengucapkan selamat datang dan bertugas di Kabupaten Pidie Jaya,Sinergi antara TNI, Polri, dan Pemerintah Daerah sangat perlu di jaga dan kita tingkatkan.Hal ini penting untuk menjaga kondusifitas wilayah dalam mendukung kelancaran dan percepatan pembangunan di segala sektor,” Ucapnya.

Ia juga berharap, sebagai pemimpin baru, Letkol Andi Irsan dapat membawa semangat baru bagi pemerintahan dan masyarakat Pidie Jaya, terutama menjelang pelaksanaan Pilkada mendatang.

Seperti kita ketahui Kodim 0102/Pidie selama ini telah membagun sinergitas dan Komunikasi yang baik dengan dengan semua Intstansi pemerintah dan lintas sektoral juga Lembaga Sosial Kemasyarakatan, Ormas,Pers serta tokoh penting masyarakat.

Selain itu Kodim 0102/Pidie juga telah berperan aktif dalam mendukung semua program pemerintahan daerah yaitu menjaga stabilitas keamanan wilayah,penanggulangan bencana alam, Pertanian dan Sosial. Acara ini menandai awal sinergi yang erat antara Kodim 0102/Pidie dan masyarakat, diharapkan dapat membawa Pidie Jaya menuju masa depan yang lebih aman dan sejahtera dan bermartabat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *