Syukuran Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) Bhayangkari Ke-72 Tahun 2024 di Polres Kuansing

TELUKKUANTAN, jurnalpolisi.id

Dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) yang ke-72, Pengurus Cabang Bhayangkari Kuansing mengadakan acara syukuran pada Sabtu, (19/10/2024). Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 09.00 WIB di Ruang Rupatama Polres Kuansing dengan mengusung tema “Bhayangkari Mendukung Polri Presisi Membangun Negeri Menuju Indonesia Emas.” Acara syukuran tersebut dipimpin langsung oleh Waka Polres Kuansing, KOMPOL Robet Arizal, S.Sos, dan dihadiri oleh Wakil Ketua Bhayangkari Cabang Kuansing Ny. Winda Robet, para Kabag, Kasat, serta jajaran Pengurus Bhayangkari Cabang Kuansing.

Acara syukuran dimulai dengan pembukaan oleh MC yang dilanjutkan dengan pembacaan doa. Suasana semakin khidmat saat penayangan selayang pandang dan testimoni ucapan peringatan HUT Bhayangkari dari berbagai tokoh penting, termasuk Kapolda Riau, Ketua Tim Penggerak PKK, dan Ustad Das At Latief.

Dalam sambutannya, Ketua Bhayangkari Daerah Riau, Bubu-Nindya M. Iqbal, memberikan apresiasi kepada seluruh anggota Bhayangkari yang telah mendukung berbagai kegiatan sosial dan olah raga. Ia juga menekankan pentingnya peran Bhayangkari dalam mendukung Polri dan memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat.

Kapolda Riau dalam sambutannya menegaskan bahwa Bhayangkari Polda Riau merupakan salah satu yang terbaik di jajaran Polda di Pulau Sumatra. Eksistensi Bhayangkari Riau tidak kalah dibandingkan dengan Bhayangkari di Pulau Jawa, terbukti dari berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan, termasuk di bidang sosial dan olah raga, seperti pertandingan bola voli.

Kapolda juga menyampaikan pesan agar Bhayangkari meningkatkan iman kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menghindari gaya hidup hedonisme serta selalu menjaga kehormatan institusi Polri. “Jaga marwah suami, Bhayangkari, dan institusi Polri. Jadilah pemilih yang cerdas dan berkualitas dalam menggunakan hak pilih untuk mewujudkan demokrasi yang sehat,” ujar Kapolda Riau dalam sambutannya.

Acara dilanjutkan dengan prosesi penerimaan piagam penghargaan untuk anggota Bhayangkari yang telah berdedikasi selama sewindu dan dwiwindu. Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada Tim Voli Bhayangkari atas partisipasinya dalam berbagai kejuaraan. Sebagai simbol rasa syukur, dilakukan prosesi pemotongan tumpeng yang diserahkan secara estafet oleh dua orang Bhayangkari senior kepada dua Bhayangkari junior. Prosesi ini menambah nuansa kebersamaan dan rasa saling mendukung antaranggota Bhayangkari.

Acara syukuran HKGB Bhayangkari ke-72 tidak hanya diisi dengan seremonial, tetapi juga dengan berbagai penampilan menarik. Salah satunya adalah fashion show yang menampilkan kreativitas Bhayangkari dari berbagai cabang se-Daerah Riau, termasuk persembahan lagu dari Kapolres Kuansing dan Ketua Bhayangkari. Tidak ketinggalan, hiburan dari Band The Caplin yang tampil dengan membawakan lagu-lagu pilihan untuk menghibur seluruh tamu undangan. Acara semakin meriah dengan flashmob yang dilakukan oleh Bhayangkari, yang menambah semangat dan keceriaan di sepanjang kegiatan.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Riau juga menyampaikan sejumlah pesan penting kepada Bhayangkari jajaran Polda Riau. Ia mengingatkan agar Bhayangkari selalu bersyukur dan bangga menjadi bagian dari keluarga besar Bhayangkari, serta mampu memberikan dukungan penuh kepada suami yang bertugas di kepolisian. Ia juga menekankan pentingnya menjaga keharmonisan keluarga serta menjadi teladan dalam menjaga keutuhan rumah tangga.

Selain itu, Kapolda Riau mengimbau agar Bhayangkari menghindari sikap flexing atau pamer kekayaan yang tidak diperlukan, serta selalu menjaga marwah keluarga dan institusi Polri. Bhayangkari juga diharapkan dapat berperan aktif dalam menjaga kesehatan dan berdoa untuk keselamatan keluarga.

Kapolres Kuantan Singingi AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K., M.H., melalui Waka Polres Kuansing KOMPOL Robet Arizal, S.Sos., menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh anggota Bhayangkari atas dukungannya terhadap tugas-tugas Polri. Beliau juga menekankan pentingnya peran Bhayangkari dalam membangun keluarga yang harmonis dan menjadi contoh bagi Masyarakat,” Ucap Wakapolres.

“Selamat Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) Daerah ke-72. Diharapkan Bhayangkari semakin solid dan yang tidak kalah pentingnya bagaimana bisa membangun solidaritas serta Bhayangkari dapat semakin berkembang dan tak lupa di dalam organisasi harus saling menghormati dan menghargai sekaligus menjaga nama baik organisasi, Polri dan keluarga,” kata Wakapolres.

Polres Kuansing beserta jajaran Bhayangkari berharap agar momentum peringatan HKGB Bhayangkari ini dapat menjadi pemicu semangat bagi Bhayangkari untuk terus berkontribusi dalam mendukung Polri dan membangun negeri menuju Indonesia Emas 2045. “Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan Bhayangkari semakin solid dan terus menunjukkan eksistensinya dalam berbagai bidang, baik sosial maupun olahraga, serta terus mendukung suami dalam menjalankan tugas sebagai anggota kepolisian,” tandas Wakapolres.

Sumber: Humas Polres Kuansing
Editor. Kabiro Tina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *