Sinergitas TNI-Polri, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Gelar Patroli Bersama

Bogor, jurnalpolisi.id

Sinergitas TNI- Polri, Bhabinkamtibmas Desa Bojong Kulur Aipda Teten Kurnia dan Babinsa Peltu Dedi melaksanakan giat cooling system dengan gelar patroli bersama di wilayah Desa Karanggan, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jabar, Jumat (11/10/2024).

Kapolsek Gunung Putri AKP Aulia Robby Kartika Putra, mengatakan patroli ini guna menciptakan situasi keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat yang nyaman dan kondusif,” ucapnya.

Lanjutnya, kegiatan ini juga bertujuan untuk mencegah gangguan Kamtibmas dan mencegah pelaku tindak pidana kejahatan yang marak terjadi sperti Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), kejahatan jalanan, geng motor, dan kejahatan lainnya serta melakukan upaya preemtif dengan menghimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati dan waspada terhadap kejahatan yang bisa terjadi kapan saja.

”Mari bersama kita bergandeng tangan bersinergi dalam mewujudkan keamanan dan kenyamanan di lingkungan masyarakat”, tutur AKP Robby.

Diharapkan melalui giat patroli ini dapat meningkatkan kekompakan dan rasa satu kesatuan antar TNI-Polri dan masyarakat dalam menjaga Kamtibmas di wilayah hukum Polsek Gunung Putri”, tambahnya.

Sudah merupakan tugas rutin Bhabinkamtibmas yang bersinergi dengan Babinsa melaksanakan kunjungan kepada warga binaannya untuk menjalin silaturahmi yang lebih erat, dan kegiatan ini juga untuk menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas serta mencari informasi yang berkembang di warga agar tercipta situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif.

Pada kesempatan yang baik tersebut Bhabinkamtibmas menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas dan mengajak warga untuk menjaga keamanan dilingkungan guna mencegah terjadi gangguan Kamtibmas.

Dengan kegiatan sambang ke warga ini, diharapkan warga dapat menyampaikan setiap informasi atau permasalahan sekecil apapun yang terjadi di lingkungannya, bisa dilaporkan kepada aparat desa atau Bhabinkamtibmas untuk dimusyawarahkan bersama-sama. Apabila tidak bisa diselesaikan secara kekeluargaan baru dilaporkan ke Polsek Dramaga untuk penanganan lebih lanjut.

Selaku Bhabinkamtibmas memberikan himbauan kepada warga agar bisa saling bekerja sama antara Bhabinkamtibmas dan Babinsa dalam menjaga keamanan wilayah Desa Bitungsari dan juga bisa saling memberikan informasi yang ada di wilayah Desa Bitungsari.

Kegiatan Bhabinkamtibmas sinergitas dengan Babinsa dan warga melaksanakan kontrol Kamtibmas wilayah dan silaturahmi dengan warga untuk menjaga Kamtibmas serta menjalin komunikasi dan dekatkan diri dengan masyarakat wilayah binaanya.

Kedekatan antara Anggota Kepolisian TNI dan masyarakat merupakan hal yang sangat penting dalam menciptakan suasana aman dan kondusif. Kami berharap pola komunikasi seperti ini dapat terus ditingkatkan demi kebaikan bersama.

Sesuai dengan arahan Bapak Kapolres Bogor, langkah ini diharapkan akan semakin memperkuat ikatan antara polisi, TNI dan warga dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan setempat, sehingga terwujudnya Kamtibmas yang aman dan kondusif.

Di kesempatan lain Kasi Humas Polres Bogor Iptu Desi Triana, SH menyampaikan apabila warga masyarakat ada yang menemukan hal-hal yang mengganggu Kamtibmas dan menemukan tindakan kriminalitas lainnya dan adanya perekrutan tenaga kerja ilegal dengan menjanjikan gaji besar akan tetapi tidak resmi payung hukumnya masuk dalam Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

Segera adukan laporkan ke call center (021) 110 operator kami melayani 24 jam aduan serta laporan masyarakat ataupun nomor aduan Polres Bogor di 0812 1280 5577, dan akan ditindaklanjuti baik dari Polsek terdekat maupun Polres Bogor langsung, “terangnya.

(Kaperwil Bogor: Parlindungan,S.A.Md.Kep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *