Satlantas Polres Purbalingga Gelar Pemeriksaan Laik Jalan Bus Angkutan Umum

PurbaIingga – Jateng , jurnalpolisi.id

Dalam rangka Operasi Zebra Candi 2024, Satlantas Polres PurbaIingga menggelar kegiatan pengecekan laik jalan (Ram Check) kendaraan angkutan umum di Terminal Bus Bobotsari. Kegiatan dilaksanakan bersama Dinas Perhubungan Kabupaten PurbaIingga, Rabu (16/10/2024).

Kasat Lantas Polres PurbaIingga AKP Arief Wiranto melalui Kaurbinops Iptu Faizin mengatakan hari ini kami bersama personel dari Dinas Perhubungan melaksanakan ramp check atau pemeriksaan lain jalan angkutan umum khususnya bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP).

“Kegiatan dilaksanakan dalam rangka Operasi Zebra Candi 2024, memastikan kendaraan angkutan umum yang ada di terminal laik jalan,” ucapnya.

Disampaikan bahwa selain itu, dihadirkan juga personel dari Dokkes Polres Purbalingga yang melakukan pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan dilakukan terhadap sopir dan awak angkutan umum serta penumpang.

“Melalui pemeriksan kesehatan, kami memastikan kondisi sopir dan awak angkutan umum dalam keadaan sehat. Sehingga bisa menjalankan pekerjaan sebagai pengemudi dengan baik,” jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan hasil pemeriksaan kendaraan sebanyak 10 kendaraan bus AKDP dalam keadaan laik jalan. Sedangkan para pengemudi dan awak angkutan maupun penumpang yang diperiksa seluruhnya dalam kondisi sehat.

“Dengan kondisi kendaraan laik jalan dan pengemudi dalam keadaan sehat diharapkan bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas. Sehingga dapat membawa penumpang selamat sampai tujuan,” pungkasnya.

Pengawas Satuan Terminal Bus Bobotsari, Suroso menjelaskan tentang jenis-jenis pemeriksaan laik jalan yang dilaksanakan diantaranya kelengkapan dokumen dan teknis laik jalan. Meliputi SIM, STNK, Kartu Pengawasan Izin Operasional atau Trayek dan Buku Lulus Uji Kendaraan.

Selain itu, dilakukan pemeriksaan kondisi kendaraan mulai dari lampu, sistem pengereman, kondisi kaca depan, ban dan sabuk keselamatan. Selanjutnya pemeriksaan unsur teknis penunjang seperti indikator kecepatan, sistem penerangan, spion, wiper, klakson, kapasitas, perlengkapan kendaraan dan perlengkapan tanggap darurat.

Selanjutnya menurut Suroso, dilakukan pemeriksaan kondisi mesin setelah dihidupkan dengan cara mengidentifikasi suara mesin, fungsi kompresor, spelling kemudi, spelling pedal gas, spelling pedal kopling dan spelling pedal rem.

“Hasil ram check terhadap Angkutan AKDP di Terminal Bus Bobotsari, Alhamdulillah seluruh kendaraan laik jalan dan siap digunakan untuk mengantar penumpang,” tegasnya.

( Ansor JPN )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *