Satgas Preventif Polres Kuansing Patroli Blue Light Dalam Rangka Operasi Mantap Praja Lancang Kuning 2024

TELUKKUANTAN,– jurnalpolisi.id

Dalam rangka memastikan keamanan selama tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Satgas Preventif Polres Kuansing melaksanakan Patroli Blue Light pada Kamis (10/10/2024). Kegiatan patroli yang dimulai pada pukul 21.00 WIB ini merupakan bagian dari Operasi Mantap Praja Lancang Kuning 2024, yang bertujuan untuk menjaga ketertiban di wilayah hukum Polres Kuansing serta mengantisipasi berbagai potensi kejahatan jalanan dan balap liar.

Kapolres Kuantan Singingi AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K., M.H., melalui Kasat Samapta Polres Kuansing, AKP Repriadi, SE, mengatakan “Patroli tersebut melibatkan personel dari Sat Samapta Polres Kuansing yang menyusuri beberapa rute strategis di Taluk Kuantan, termasuk Jalan Proklamasi, Lapas Taluk Kuantan, Bank Kota Taluk, Kantor KPU, Kantor Bawaslu, dan Gudang Logistik Pemilu. Selama patroli, para personel berusaha mengantisipasi kemungkinan terjadinya kejahatan jalanan dan aksi balap liar yang sering kali mengganggu ketertiban umum,” ujar Kasat.

Salah satu fokus utama dari patroli ini adalah memberikan himbauan kepada masyarakat, khususnya di sekitar area vital. Personel Polres Kuansing memberikan peringatan kepada nasabah bank untuk tetap waspada saat melakukan transaksi di mesin ATM, serta mengimbau mereka untuk segera melapor ke Polsek Kuantan Tengah atau menghubungi layanan darurat Polres Kuansing di nomor 110 jika menemukan hal-hal yang mencurigakan.

Selain itu, para personel juga menghimbau petugas keamanan (security) bank untuk selalu meningkatkan kewaspadaan selama bertugas guna mengantisipasi tindak pidana curas (pencurian dengan kekerasan). Pesan serupa juga disampaikan kepada petugas piket di Lapas Taluk Kuantan, agar tetap siaga selama menjalankan tugas dan tidak lengah terhadap kemungkinan gangguan keamanan.

Tak hanya itu, patroli ini juga memberikan perhatian khusus pada objek-objek vital terkait Pemilu, seperti Kantor KPU, Kantor Bawaslu, dan Gudang Logistik Pemilu. Petugas yang berjaga di lokasi-lokasi tersebut dihimbau untuk selalu waspada dan segera melapor apabila ada indikasi aktivitas yang mencurigakan, sebagai bagian dari upaya memastikan keamanan seluruh proses pemilu berjalan lancar.

Patroli menggunakan satu unit kendaraan patroli R4 Sat Samapta Polres Kuansing yang bergerak mengitari sejumlah lokasi penting di Taluk Kuantan. Kegiatan ini selesai pada pukul 23.00 WIB dengan situasi wilayah hukum Polres Kuansing dilaporkan aman dan terkendali. Tidak ada laporan mengenai insiden atau gangguan keamanan selama berlangsungnya patroli.

Kegiatan Patroli Blue Light ini merupakan langkah preventif yang dilakukan oleh Polres Kuansing untuk menciptakan situasi kondusif menjelang dan selama pelaksanaan Pilkada 2024. Dengan adanya patroli ini, diharapkan masyarakat dapat merasa lebih aman dan nyaman dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, serta turut berperan aktif dalam menjaga keamanan lingkungan sekitar.

Kegiatan ini akan terus dilakukan secara rutin guna mengantisipasi segala bentuk potensi gangguan keamanan di wilayah Kuansing, terutama yang berkaitan dengan tahapan Pemilu. “Kami mengimbau masyarakat untuk selalu waspada, dan apabila ada hal yang mencurigakan, segera laporkan kepada pihak kepolisian,” tandas Kasat.

Sumber: Humas Polres Kuansing
EDITOR : Yuliawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *