Sat Lantas Polres Kuansing Sosialisasikan Operasi Zebra Lancang Kuning 2024 Untuk Tingkatkan Kesadaran Berlalu Lintas

TELUKKUANTAN,– jurnalpolisi.id

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kuantan Singingi (Kuansing) menggelar kegiatan himbauan informasi mengenai pelaksanaan Operasi Zebra Lancang Kuning 2024 pada Selasa (22/10/2024). Kegiatan ini dilakukan untuk menyebarluaskan informasi terkait operasi yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas, khususnya di wilayah Kabupaten Kuansing.

Acara yang dimulai pukul 08.00 WIB hingga selesai tersebut dipusatkan di Jalan Proklamasi, tepatnya di kawasan lampu lalu lintas Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuansing. Dalam kegiatan ini, personel Satlantas Polres Kuansing membagikan brosur kepada pengguna jalan untuk memberikan informasi seputar Operasi Zebra yang berlangsung selama 14 hari, mulai dari 14 hingga 27 Oktober 2024.

Kapolres Kuantan Singingi AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K.,M.H, melalui Kasat Lantas Polres Kuansing AKP Boy Setiawan, S.A.P., M.Si., menyampaikan bahwa Operasi Zebra Lancang Kuning 2024 fokus pada tujuh prioritas pelanggaran yang sering kali menjadi penyebab utama kecelakaan lalu lintas. Sasaran utama operasi ini antara lain Pengemudi atau pengendara yang menggunakan ponsel saat berkendara, Pengemudi atau pengendara di bawah umur, Pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu orang, Pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm SNI dan pengemudi mobil yang tidak menggunakan sabuk pengaman (safety belt), Pengemudi atau pengendara yang berada di bawah pengaruh alkohol, Pengemudi atau pengendara yang melawan arus, Pengemudi atau pengendara yang melebihi batas kecepatan.

Dengan pelaksanaan himbauan informasi dan sosialisasi melalui Operasi Zebra Lancang Kuning 2024, Satlantas Polres Kuansing berharap dapat mencapai beberapa tujuan penting, antara lain Tumbuhnya kesadaran masyarakat dalam melengkapi komponen berkendara, Kepatuhan masyarakat terhadap aturan lalu lintas
Dengan sosialisasi yang dilakukan, diharapkan masyarakat semakin patuh terhadap aturan-aturan lalu lintas, sehingga tercipta kondisi lalu lintas yang tertib dan aman, Meningkatkan pemahaman akan pentingnya penggunaan helm dan Menyadarkan masyarakat tentang tingginya angka kecelakaan di Kuansing, dan Menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

“Kegiatan sosialisasi ini berjalan dengan lancar dan situasi tetap kondusif sepanjang pelaksanaannya. Satlantas Polres Kuansing akan terus melakukan upaya preventif melalui operasi-operasi serupa demi menciptakan lalu lintas yang tertib dan aman bagi seluruh masyarakat Kuansing,” tandas Kasat.

Sumber: Humas Polres Kuansing
Editor. Kabiro Tina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *