Polda Jateng Gelar Operasi Zebra Candi 2024; Mengedepankan Pendekatan Humanis Demi Keselamatan Bersama

Kota Semarang – jurnalpolisi.id

Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol. Sonny Irawan memimpin apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Zebra Candi Tahun 2024 di halaman Polda Jateng, pada Senin (14/10/2024), Operasi Zebra candi 2024 digelar selama 14 hari mulai tanggal 14 sampai dengan 27 Oktober 2024.

Kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Candi ditandai dengan penyematan Pita kepada perwakilan personil dari TNI, Dishub dan Polda Jateng dan diikuti oleh anggota Polda Jateng Bersama TNI dan dinas terkait.

Dalam amanatnya Kombes Pol. Sonny Irawan menyampaikan bahwa dalam Operasi Zebra Candi tahun 2024 sedikit berbeda karena pelaksanaannya berbarengan dengan kegiatan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2024 pada tanggal 20 Oktober 2024. Dalam rangka mewujudkan keamanan, kenyamanan dan ketertiban ber lalu lintas di jalan raya jajaran Ditlantas se-Indonesia menggelar operasi Zebra.

“Tujuan Ops Zebra candi 2024 untuk menekan angka kecelakaan lalulintas dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang tertib berlalu lintas dengan beberapa kegiatan diantaranya melakukan edukasi diseluruh elemen masyarakat, Juga dengan sosialisasi melalui pamflet dan Flyer termasuk menggunakan medsos “ kata Dir Lantas

Dalam kegiatan Operasi Zebra candi 2024 juga dilakukan penertiban lokasi trouble spot dan black spot dan yang terakhir melakukan penegakan hukum atau penindakan dengan selektif prioritas terhadap pelanggaran yang menyebabhan terjadinya fatalitas laka lantas korban meninggal dunia.

“ Kami tidak melakukan kegiatan penindakan yang sifatnya stasioner tetapi untuk pelanggaran kasat mata dilakukan upaya penegakan hukum dengan cara yang Soft approach pendekatan yang humanis, sopan dan santun dengan mengedepankan upaya preemtif dan preventive,” ujar Dirlantas.

Dirlantas juga mengajak masyarakat bersama sama mensukseskan pelantikan Presiden, Selain itu mendekati Pilkada dan tahapan kampanye 2024, Kombes Pol Sonny juga meminta masyarakat untuk selalu mematuhi ketertiban dalam berlalu lintas.

“ Memasuki tahapan kampanye Pilkada 2024, dengan digelarnya Ops Zebra candi 2024 harapan kami dapat memberikan kontribusi yang positif bagi pemerintah dengan tetap menjaga situasi yang kamtibmas yang kondusif,” tutup Dirlantas.

( Arif JPN )

Sumber : Bidhumas Polda Jateng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *