PAD Terbesar Kota Bukittinggi dari Sektor objek Wisata sepanjang tahun 2023

Bukittinggi – jurnalpolisi.id

Sepanjang tahun 2023 sumbangan terbesar terhadap Pendapatan Asli Daerah [PAD] kota bukitingi dari sektor obyek wisata berbayar sebesar Rp. 22.7 miliar. Lebih 1 juta orang pengunjung.

Pjs Wali Kota Bukittingi Hani S Rustam, mengungkapkan hal itu dalam rapat evaluasi dan konsultasi sektor pariwisaata dan ekonomi kreatif di BBC Balai Kota. Selasa 15/10-2024.

Rapat itu sendiri, katanya guna membahas sektor kepariwisataan jangka pendek dan jangka panjang. Termasuk program pengembangan ekonomi kreatif kota Bukitinggi.

Dalam rapat itu kata Hani, pihaknya membahas progres pelaksanaan kegiatan, capaian target kunjungan wisatawan ke Kota Bukittinggi, termasuk kendala dan potensi pengembanganya.

Dari data yang diperoleh, sektor pariwisata menjadi kontributor penting terhadap ekonomi masyarakat, dan berperan besar terhadap pembangunan kota Bukittinggi.

Pada kesempatan yang sama ekonomi keratif [ekraf] dengan sendirinya terus berkembang diringi dengan kesempatan kerja.

Secara priodik hal tersebut terus dievaluasi guna mengambil langkah-langkah strategis dalam pengingkatan kepariwisataan dan ekraf di Kota Bukittinggi.

Menurut Hani S Rustam, pihaknya akan mengarahkan agar Asisiten II dan Dinas terkait segera menyusun action plan dengan melakukan aksi nyata, sekali gus memfasilitas promosi produk ekonomi kreatif, termasuk UMKM agar terus tumbuh dan berkembang.

“Saya melihat ada peluang untuk menggaet dukungan program pariwisata dan ekonomi kreatif dari pemerintah pusat yang akan bisa membantu peningkatan sektor kepariwisataan lokal.

“Terus terang kita butuh bantuan dari pusat. Dan in i akan kita upayakan rentang waktu yang tidak terlalu lama. Kita akan bahas dengan Kementrian Pariwisata termasuk pembanguna infrastruktur yang menunjang dunia kepariwisataan di Kota Bukittinggi”, harap Hani S Rustam.(Syafrianto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *