KPU Kabupaten Tanggamus Menggelar Debat Pertama Calon Bupati Dan Wakil Bupati Pilkada 2024

Tanggamus- jurnalpolisi.id

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanggamus menggelar Debat Publik pertama calon bupati dan calon wakil bupati Tanggamus dalam pelaksanaan Pilkada 2024 Rabu 23 Oktober 2024 di Aula Islamic Center,Kota Agung.

Dalam debat publik pertama ini diikuti pasangan calon (Paslon) Nomor 1 Hj Dewi Handajani-dr.Ammar Sirajuddin dan Paslon Nomor Urut 2 H.Moh.Saleh Asnawi-Agus Suranto.

Debat Publik yang mengambil tema Transformasi Pembangunan Tanggamus tersebut dimoderatori oleh Irsan Murhan dengan tim panelis Prof. Dr. Sudarman, M.Ag, Prof. Rudi, S.H., LL.M., LL.D dan Dr. Topan Indrakarsa, S.H,M.H.

Komisioner KPU Tanggamus, Habibi mengatakan,Debat publik merupakan bagian dari tahapan pilkada tahun 2024 dan salah satu mandat regulasi PKPU Nomor 13 tahun 2024 yang dimana KPU memfasilitasi paslon dalam kampanye dengan metode debat publik.

“Maksud dari kegiatan debat publik ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada paslon dalam memberikan informasi kepada masyarakat, yaitu visi misi dan program kerja saat terpilih nanti sebagai bupati dan wakil bupati Tanggamus,”ujar Habibi.

Dilanjutkan Habibi bahwa debat publik juga ditujukan kepada pemilih baik yang hadir langsung atau menyaksikan melalui tayangan televisi maupun live streaming YouTube.

“Dengan debat publik ini KPU memberikan kesempatan kepada masyarakat, sehingga apa yang disampaikan oleh calon,yang tadinya ragu-ragu tidak ragu lagi serta yakin dalam menentukan pilihannya,”ucap Habibi.

Masih kata Habibi bahwa KPU Tanggamus selaku penyelenggara berharap pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024 di Kabupaten Tanggamus dapat berjalan dengan aman,damai, tertib dan sejuk.

“Sehingga siapapun terpilih bisa menjadi saudara kita semua,kita juga berdoa kepada Allah SWT, pelaksanaan debat berjalan lancar,”pungkas Habibi.

Paslon 1 Hj.Dewi Handajani-dr.Ammar Siradjuddin yang mendapat giliran pertama menyampaikan visinya yaitu Tanggamus Bersahabat yaitu Kabupaten Tanggamus yang
agamis,mandiri,unggul,sejahtera bersih,amanah dan hebat.

Untuk mewujudkan visi tersebut,Paslon 1 Hj Dewi Handajani-dr.Ammar Siradjuddin menjalankan enam misi
1.Meningkatkan tata kelola pemerintahan yang efektif, berlandaskan Pancasila & UUD 1945, menjunjung tinggi hukum demi menjamin hak-hak rakyat bersih serta bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN), mengedepankan keberadaban, berakhlak dan menyelenggarakan layanan publik berkualitas dengan transformasi digital.

2.Mengembangkan Sumber Daya Manusia yang Agamis,sehat,cerdas,unggul, berkarakter dan berdaya Saing.

3.Mewujudkan pekon sebagai titik berat pembangunan bagi kehidupan sosial yang religius dan ekonomi kerakyatan yang berlandaskan pemberdayaan masyarakat, kesetaraan gender,kemitraan,gotong royong dan Bhinneka Tunggal Ika

4.Mengembangkan Inovasi Sektor Pertanian, Perikanan & UMKM, dengan Dukungan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

5.Meningkatkan serta memantapkan sarana & infrastruktur secara berkelanjutan & berkualitas yang berkeadilan & merata.

6.Meningkatkan kemandirian ekonomi melalui pembangunan & pengelolaan sumber daya alam serta sektor pariwisata berbasis kemasyarakatan & potensi lokal secara berkelanjutan.

Sedangkan Paslon 2. H.Moh.Saleh Asnawi-Agus Suranto dalam penyampaiannya di hadapan panelis,pendukung dan tamu undangan,membawa visi Tanggamus Menuju Jalan Lurus Perubahan BERSAMA (Berdaya, Sejahtera, Adil, Maju dan Bermartabat)

Visi tersebut kemudian dijabarkan dalam lima misi untuk pembangunan Tanggamus

  1. Kualitas Hidup:
    Melalui pemberdayaan generasi produktif, penguatan jaringan sosial, budaya, dan ekonomi untuk kesejahteraan dan lapangan kerja

2.Pengembangan Potensi Ekonomi Lokal
Yang berdaya dengan orientasi saing A pasar domestik dan internasional, serta memperkuat Infrastruktur ekonomi..

3.Pemerataan Pembangunan
Dari desa hingga kota dengan menyediakan infrastruktur dasar yang merata dan pembangunan potensi lokal. program Pembangunan berbasis potensi lokal

4.Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik
Dengan transparansi, akuntabilitas, partisipasi publik, dan reformasi birokrasi meningkatkan pelayanan. untuk efisiensi Prlayanan.

5.Peningkatan Kemanan dan Ketertiban.
Dengan melibatkan partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga keamanan. Lingkungan serta memperkuat kapasitas aparat keamanan untuk menjaga stabilitas dan ketertiban daerah.

Usai penyampaian visi misi dari Paslon dilakukan sesi tahapan pendalaman visi misi. Di segmen ini, para Paslon menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh panelis yang tertulis di dalam sebuah amplop yang sudah tersegel.

Pertanyaan dari panelis terhadap paslon, mulai dari permasalahan infrastruktur, pengelolaan dana desa, program kesehatan dan pendidikan dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat Tanggamus.

Debat publik tersebut berlangsung selama kurang lebih 2 jam setengah dengan total 6 segmen.

Paslon 1 Hj.Dewi Handajani-dr.Ammar Siradjuddin dalam closing statementnya yang disampaikan oleh Ammar Sirajuddin menyampaikan komitmen dari paslon Damar untuk melanjutkan pembangunan berkualitas di Kabupaten Tanggamus bukan hanya jargon semata tetapi sudah dirumuskan dalam langkah nyata yang kami rangkum dalam visi misi,program unggulan dan program aksi untuk lima tahun ke depan.

“Kita terus berinovasi dalam memperbaiki tata kelola pemerintahan yang efektif berlandaskan Pancasila dan UUD 45 menjungjung tinggi hukum dan memastikan pemerintahan yang bersih dari KKN,”ujar Ammar

Dilanjutkan Ammar dalan bidang pendidikan, Paslon 1 meluncurkan program Tanggamus pintar, memberikan bantuan seragam gratis agar semua anak bersekolah layak dan mendapat pendidikan berkualitas karena pendidikan adalah kunci menciptakan SDM yang agamis,cerdas dan berdaya saing, melanjutkan program beasiswa yang tidak hanya ditujukan kepada SD SMP tapi juga untuk masyarakat miskin yang ingin lanjut ke sekolah menengah atas atau perguruan tinggi melalui program beasiswa asik.

“Kami juga akan meningkatkan pelayanan kesehatan melalui dokter pekon, memberikan pelayanan akses kesehatan kepada seluruh warga tanpa terkecuali, kami memastikan setiap warga Tanggamus mendapat akses pelayanan kesehatan disertai penguatan SDM kesehatan dan fasilitas kesehatan lainnya seperti puskemas posyandu program kesehatan promotif, preventif dan kuratif dan pencegahan penyakit menular,”ujar Ammar.

“Lalu terkait isu sosial kami akan meningkatkan ketahanan sosial masyarakat dalam menangani masalah kesejahteraan sosial hingga masyarakat Tanggamus terpenuhi kebutuhan materil dan spiritual dma sosial untuk hidup layak dan mengembangkan diri,”pungkasnya.

Sementara closing statement Paslon 2 mengungkapkan siap membawa masa depan Tanggamus lebih baik lagi. Karena menurutnya dalam 15 tahun terakhir program yang ada di Kabupaten Tanggamus cenderung menyentuh masalah.

“Kami hadir untuk perubahan nyata, yang menyentuh setiap lapisan masyarakat bukan segelintir orang, jalan lurus menuju perubahan bersama adalah visi kami untuk membangun Tanggamus yang berjaya, sejahtera adil maju dan bermartabat dan yang paling penting bersih dari KKN ,kami siap membawa Tanggamus ke masa depan lebih baik lagi dengan komitmen keadilan tranparansi dan kesejahteraan, pemerintahan yang bersih untuk semua,”pungkas Saleh.

Acara Debat Publik pertama ini berjalan dengan lancar dan aman tanpa terkendala. Hal ini berkat adanya dukungan semua pihak, utamanya dari aparat keamanan Polres Tanggamus dan Kodim 0424/Tanggamus.

(Helmi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *