KPU Banyuwangi Libatkan Pemuda Karang Taruna Dorong Partisipasi Masyarakat dalam Pilkada 2024

Banyuwangi – jurnalpolisi.id

Komisi Pemilihan Umum (KPU), menggelar sosialisasi Pilkada 2024 dengan organisasi pemuda Karang Taruna Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Acara yang dibalut diskusi kepemudaan dengan mengangkat tema “Pemuda dan Masa Depan” itu diselenggarakan di Ballroom Ijen, Santika Hotel Banyuwangi, pada Rabu (9/11/2024).

Komisioner KPU Banyuwangi Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM, Enot Sugiharto mengatakan, sosialisasi itu merupakan salah satu program KPU sebelum pemungutan suara pada 27 November 2024 mendatang.

“Perlu banyak pihak dalam memberikan dukungan support dan perlu banyak pihak dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di pilkada serentak,” kata Enot.

Menurut Enot, salah cara sosialisasi yang paling efektif adalah dengan melibatkan peran pemuda dalam mengajak masyarakat untuk memilih.

“Kami berharap kawan-kawan Karang Taruna tidak hanya ikut dalam meningkatkan partisipasi masyarakat saja, namun juga menjaga Banyuwangi tetap aman dan kondusif,” ujar Enot.

Terlebih saat ini sudah masuk tahapan kampanye. Enot ingin, pemuda Karang Taruna menjadi pioner kedamaian dalam Pilkada 2024.

Dalam sosialisasi dan diskusi panel tersebut, Founder Gerakan Pemuda Desa (Gerpada) yang sekaligus Kepala Desa Sambimulyo, Andi Santoso, ditunjuk menjadi narasumber.

Sementara itu Ketua Karang Taruna Kabupaten Banyuwangi, Rizki Alfian Restiawan, berterimakasih kepada KPU Banyuwangi telah memberikan ruang diskusi untuk para pengurus Karang Taruna.

“Terimakasih kepada KPU telah memberikan ruang diskusi di acara sosialisasi ini,” kata Rizki.

Menurut Rizki, Karang Taruna merupakan wadah perkumpulan para pemuda desa non partisan yang posisi hirarki organisasinya cukup jelas.

“Dari nasional hingga paling bawah di tingkat RT kami ada. Di Banyuwangi, Karang Taruna ada di 217 desa dan kelurahan,” ungkap Rizki.

Rizki sendiri bersama para pengurus Karang Taruna siap mensukseskan Pilkada 2024 dengan damai dan kondusif.

“Insyallah kami siap bersama mensukseskan Pilkada pada 27 November 2024 dengan aman dan kondusif,” ucap Rizki.(Boby)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *