Kapolres Kuansing Hadiri Rapat Koordinasi Tahapan Kampanye Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kuansing 2024

TELUKKUANTAN,– jurnalpolisi.id

Kapolres Kuantan Singingi, AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K., M.H., menghadiri Rapat Koordinasi Tahapan Kampanye dalam rangka persiapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) tahun 2024 digelar pada Senin (21/10/2024), di Aula Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuansing, Jalan Limuno Timur, Kelurahan Pasar Taluk, Kecamatan Kuantan Tengah. Kegiatan yang berlangsung mulai pukul 10:15 WIB ini dihadiri oleh sejumlah pejabat penting dan perwakilan tim kampanye dari ketiga pasangan calon (paslon) yang bertarung dalam pemilihan kepala daerah.

Rapat Koordinasi ini merupakan langkah strategis untuk mempersiapkan pelaksanaan tahapan kampanye yang tertib dan damai, termasuk perencanaan rapat umum, debat publik, serta evaluasi terhadap kegiatan kampanye yang telah berlangsung. Selain itu, turut hadir PLH Ketua KPU Kuansing, Yose Rizal, S.Sos., Kabid Kesbangpol Kuansing, Defrwanto, S.Sos., Kasubag TP3HM, Ade Sunandar, M.M., PS Kanit I Sat Intelkam Polres Kuansing, BRIPKA Alpendra, serta staf dari KPU dan Bawaslu Kabupaten Kuansing. Rapat juga dihadiri oleh LO atau Petugas Penghubung dari ketiga paslon, yakni Paslon Suhardiman – Mukhlisin (SDM), Paslon H. Halim – Sardiono (HS), dan Paslon DR. Adam – Sutoyo (AYO).

Sambutan PLH Ketua KPU Kuansing oleh Yose Rizal, S.Sos., yang menyampaikan apresiasi atas kehadiran para peserta. Dalam sambutannya, Yose menegaskan pentingnya kolaborasi yang baik antara semua pihak demi suksesnya Pilkada Kuansing 2024. “Pertemuan kita hari ini memiliki tujuan yang sangat penting untuk memastikan persiapan yang matang menjelang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kuansing tahun 2024,” ungkap Yose.

Yose juga menjelaskan bahwa rapat ini akan membahas beberapa hal penting, termasuk penyelenggaraan rapat umum, debat publik, serta evaluasi terkait pelaksanaan kampanye yang telah berlangsung. Ia juga menginformasikan bahwa debat publik akan digelar pada 14 November 2024 pukul 20:00 hingga 22:00 WIB di sebuah hotel yang masih dalam konfirmasi, dan akan disiarkan secara langsung oleh RTV dan TVRI. “Tema debat akan ditentukan oleh tim perumus,” tambah Yose.

Kapolres Kuansing, AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K., M.H., dalam penyampaiannya menekankan pentingnya menjaga keamanan selama pelaksanaan debat publik dan rapat umum. Kapolres mengingatkan para peserta rapat tentang potensi keributan yang pernah terjadi di Kabupaten Bojonegoro saat debat publik, dan meminta agar hal serupa tidak terjadi di Kuansing.

“Karena debat akan dilaksanakan di luar Kabupaten Kuansing, kami berharap semua pihak mematangkan persiapan untuk mengantisipasi potensi gangguan keamanan. Polres Kuansing siap melakukan pengamanan, meskipun debat dilakukan di luar Kuansing,” ujar Kapolres.

Selain itu, Kapolres juga menyatakan kesiapan pihak kepolisian untuk mengamankan seluruh rangkaian rapat umum yang akan dilaksanakan oleh masing-masing paslon. “Kami berharap rapat umum dapat disepakati kapan dan di mana akan dilaksanakan, dan kami sebagai penyelenggara keamanan siap mengawal kegiatan tersebut agar berjalan lancar dan sukses,” tegas Kapolres.

Hasil Rapat koordinasi ini menghasilkan beberapa kesepakatan penting terkait tahapan kampanye, di antaranya Jadwal Kampanye Rapat Umum yakni Paslon No. Urut 1 (Suhardiman – Mukhlisin/SDM) akan melaksanakan rapat umum pada 21 November 2024 di Lapangan Limuno, Teluk Kuantan, Paslon No. Urut 3 (H. Halim – Sardiono/HS) dijadwalkan pada 22 November 2024 di lokasi yang sama dan Paslon No. Urut 2 (DR. Adam – Sutoyo/AYO) akan melaksanakan kampanye rapat umum pada 23 November 2024, juga di Lapangan Limuno.

Paslon yang melaksanakan kampanye rapat umum di Lapangan Limuno diwajibkan membersihkan area kampanye paling lambat pukul 23:59 WIB pada hari yang sama. Jika ada perubahan jadwal atau tempat kampanye rapat umum, perubahan harus dilakukan paling lambat 7 hari sebelum pelaksanaan dengan pemberitahuan kepada Polres Kuansing serta tembusan kepada KPU dan Bawaslu. Jika terjadi benturan jadwal atau tempat kampanye yang sama antara paslon, maka akan dilakukan pengundian ulang.

Rapat koordinasi yang berlangsung hingga pukul 12:15 WIB ini berjalan dengan tertib dan aman. Polres Kuansing memastikan akan terus melakukan pengawalan dan pengamanan terhadap setiap tahapan Pilkada Kuansing 2024 agar semua proses pemilihan dapat berlangsung dengan lancar, damai, dan kondusif. “Dengan adanya koordinasi yang matang seperti ini, diharapkan seluruh tahapan kampanye dapat berjalan sukses, dan masyarakat Kabupaten Kuansing dapat menjalani proses demokrasi dengan damai serta terhindar dari gangguan yang tidak diinginkan,” pungkas Kapolres.

Sumber: Humas Polres Kuansing
Editor. Kabiro Tina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *