Kapolres Kuansing Beserta Jajaran Hadiri Upacara Peringatan HUT TNI ke-79 di Lapangan Limuno Teluk Kuantan

TELUKKUANTAN,– jurnalpolisi.id

Kapolres Kuansing, AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K., M.H., beserta jajaran menghadiri Upacara Peringatan HUT Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-79 yang dilaksanakan di Lapangan Limuno, Teluk Kuantan. Dengan mengusung tema “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju”, Pada Kamis, (5/10/2024), Upacara ini dihadiri oleh berbagai pejabat daerah, instansi pemerintah, serta TNI dan Polri dengan total tamu undangan dan peserta upacara mencapai lebih dari 100 orang.

Upacara yang dimulai pukul 08.30 WIB ini dipimpin langsung oleh Komandan Kodim 0302/Inhu-Kuansing, Letkol Inf Emick Chandra Nasution, M.P.M. sebagai Inspektur Upacara. Upacara HUT TNI ke-79 ini dihadiri oleh Pjs. Bupati Kuansing, drg. Sri Sadono Mulyanto, M.Han, Kajari Kuansing, Sahroni, S.H., M.H, Ketua PN Teluk Kuantan, Agung Iriawan, S.H., M.H, Ketua Pengadilan Agama Kuansing, Genius Virades, S.H, Kepala BPN Kuansing, Firdaus Alfiat, S.ST., M.H, Kalapas II B Taluk Kuantan, Wiwid F. R., A.Md., S.H, Sekda Kuansing, dr. Fardiansyah, S.POG, Pabung Kodim 0302/Inhu-Kuansing, Mayor Inf Legimin, Waka Polres Kuansing, Kompol Robert Arizal, S.Sos, Para Staf Ahli, Asisten, Kadis, Kasatpol PP dan Kaban Pemkab Kuansing, Kabag SDM Polres Kuansing, Kompol Y. Emanuel Bambang Dewanto, S.H., Para Danramil dan Pasi jajaran Kodim 0302/Inhu-Kuansing, Para Kabag dan Kasat Polres Kuansing, Ketua KPU Kuansing, Wawan Ardi, Ketua Bawaslu Kuansing, Mardius Adi Saputra, S.H., M.H., Ibu Ketua Persit Kartika Chandra Kirana beserta pengurus Kodim 0302/Inhu-Kuansing, Peserta upacara dan tamu undangan lainnya.

Dalam amanatnya, Letkol Inf Emick Chandra Nasution menekankan pentingnya tema upacara tahun ini, yang mengusung TNI modern yang selalu siap bersama rakyat dalam mengawal suksesi kepemimpinan nasional. Tema ini, menurutnya, sangat relevan dalam mencerminkan tugas dan tanggung jawab besar TNI dalam menjaga stabilitas dan kelangsungan negara.

Ia juga memberikan lima poin penting yang harus dipedomani oleh seluruh prajurit TNI yaitu Meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Memperkuat soliditas antara TNI dan rakyat sebagai perekat bangsa, Meningkatkan kewaspadaan dan profesionalitas dalam menghadapi tantangan masa depan, Membina koordinasi yang baik dengan pemerintah daerah dan instansi terkait untuk suksesnya Pilkada Serentak 2024 dan Melaksanakan tugas dengan penuh keikhlasan dan niat ibadah, serta menghindari tindakan yang merugikan rakyat.

Upacara juga diikuti oleh berbagai peleton peserta, yang terdiri dari 1 Kompi TNI, 2 Peleton Polri, 1 Peleton Satpol PP, 1 Peleton Korsik (Korps Musik), 1 Peleton Dishub, 1 Peleton ASN Pemkab Kuansing, 1 Peleton Pemuda Pancasila, 1 Peleton Kokam dan Banser dan 1 Peleton Mahasiswa UNIKS.

Setelah upacara resmi berakhir pada pukul 09.50 WIB, kegiatan dilanjutkan dengan defile atau parade oleh seluruh peleton yang hadir. Para peserta upacara bergerak rapi menuju area persiapan untuk defile, di mana mereka menampilkan kekompakan dan kedisiplinan di hadapan para tamu undangan. Kegiatan upacara peringatan HUT TNI ke-79 ini berlangsung dalam keadaan aman dan tertib. Tidak ada kendala berarti selama kegiatan berlangsung, dan seluruh rangkaian acara berjalan sesuai dengan rencana.

Kapolres Kuantan Singingi, AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K., M.H., mengucapkan Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia Ke 79 ” TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju,”. TNI dan Polri untuk terus bersinergi dalam menjaga keamanan dan kedamaian di daerah, serta memastikan bahwa proses Pilkada berjalan dengan sejuk dan damai”. Ujar Kapolres.

Kapolres menyatakan bahwa pihaknya siap bekerja sama dengan TNI dan pemerintah daerah dalam menjaga keamanan, khususnya menjelang Pilkada Serentak 2024, “Upacara peringatan ini menjadi simbol kebersamaan dan sinergitas antara TNI, Polri, serta seluruh elemen masyarakat dalam mewujudkan Indonesia yang maju dan sejahtera. TNI yang modern, responsif, dan selalu bersama rakyat siap mengawal setiap tahap kehidupan berbangsa dan bernegara,” pungkas Kapolres.

Sumber: Humas Polres Kuansing
Editor. Kabiro Tina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *