Dukung Operasi Zebra Candi 2024, Bhabinkamtibmas Polsek Kalimanah Sosialisasi Tertib Lalu Lintas

Purbalingga – jurnalpolisi.id

PolresPurbalingga – Polda Jateng | Polsek Kalimanah menanamkan tertib lalu lintas sejak dini kepada siswa. Hal tersebut dilakukan saat polisi memberikan pembinaan terhadap peserta Perkemahan Satu Hari (Persari), Sabtu (19/10/2024).

Materi pembinaan disampaikan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Kalimanah Aipda Wahyu Sekti Santosa. Hal yang disampaikan diantaranya pemahaman dasar tentang aturan lalu lintas. Kegiatan dilaksanakan mendukung pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2024.

Kepada siswa diberikan pengetahuan tentang keselamatan di jalan. Penggunaan helm saat anak-anak membonceng sepeda motor, memahami aturan rambu lalu lintas, dan tidak bermain di jalan raya.

Selama sosialisasi, dilakukan interaksi dengan tanya jawab seputar aturan lalu lintas. Dicontohkan juga situasi sehari-hari di jalan raya yang sering ditemui dan bagaimana cara menyikapinya dengan bijak. Termasuk diberikan pemahaman rambu-rambu lalu lintas.

“Menanamkan kesadaran akan tertib berlalu lintas sejak usia dini adalah upaya preventif untuk mengurangi angka kecelakaan di masa depan,” ujar Aipda Wahyu.

Aipda Wahyu menyampaikan bahwa anak-anak diharapkan bisa menjadi pelopor tertib lalu lintas bagi diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar mereka.

“Kegiatan sosialisasi ini merupakan dukungan terhadap program Polri untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas,” tegasnya.

Aipda Wahyu menambahkan selain pembinaan dan penyuluhan kepada pramuka, kegiatan serupa juga akan terus dilakukan terhadap siswa lainnya. Tidak hanya di satu sekolah namun akan dilaksanakan di sekolah-sekolah lainnya.

Ketua Gerakan Pramuka Kwarran Kalimanah, Wildan Rahmatullah menyampaikan ucapan terima kasih atas pembinaan dan penyuluhan yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas. Menurutnya dengan kegiatan tersebut bisa meningkatkan kesadaran tertib berlalu lintas bisa tumbuh lebih dini.

“Dengan sosialisasi yang disampaikan diharapkan generasi muda dapat berperan aktif dalam menciptakan budaya tertib lalu lintas sejak dini,” ucapnya.

( Arif JPN )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *